Jalan Nasional Lintas Utara Riau Amblas, Kendaraan Berat Tak Bisa Melintas

Ahad, 23 Juni 2019

Istimewa

PEKANBARU/86 --- Jalan nasional lintas utara di Kabupaten Kampar yang menghubungkan ke Rokan Hulu (Rohul) di Riau ambles. Kondisi ini membuat kendaraan berat tidak bisa melintas.

Jalan nasional yang rusak tepatnya berlokasi di Km 46 lintas Petapahan Simpang Gelombang Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar. Kerusakan terjadi di kedua sisi jalan.

"Tadi malam turun hujan di kawasan itu, sehingga gorong-gorong yang ada ambles. Jauh hari sudah kita prediksi akan terjadinya ambles karena selama ini jalan nasional yang rusak ini sudah menjadi perhatian khusus kita," kata Kasat Lantas Polres Kampar AKP Fauzi, Minggu (23/6/2019).

Fauzi menjelaskan, saat ini polsek setempat bersama masyarakat gotong royong untuk menutup badan jalan yang ambles. Pihaknya melakukan penimbunan secara manual tanpa alat berat.

"Kita melakukan penimbunan secara swadaya bersama masyarakat setempat," kata Fauzi.

Akibat amblesnya kedua sisi badan jalan tersebut, kata Fauzi, saat ini kendaraan berat tidak bisa melintas. Mereka melakukan sistem buka-tutup jalan.

" Sementara sistem buka-tutup untuk kendaraan kecil saja. Kendaraan berat belum bisa melintas karena proses penimbunan masih dilakukan," sebutnya.

Jika kemacetan mengular, kata Fauzi, akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas. "Jika sudah terjadi antrean sampai 3 km, kita alihkan arus ke Jalan Garuda Sakti ke Pekanbaru atau ke Minas Kabupaten Siak," kata Fauzi.

Dia berharap instansi terkait di Riau segera meninjau langsung kondisi badan jalan yang ambles. Pihak Polres Kampar sudah menyampaikan kondisi tersebut ke Dinas PU Riau.

"Jalan merupakan urat nadi kehidupan, jadi perlu atensi dan penanganan segera," ujar Fauzi. (detik.com)