Program ESA Dalam Mengurangi Angka Pengangguran dan Kemiskinan

Sabtu, 26 September 2020

Agussalim, salah satu ketua Tim Pemenangan ESA Daratan

DURI/86 -- Sebuah ironi di negeri kaya sumber daya alam namun rakyatnya banyak yang terlilit kemiskinan yang mana salah satu penyebabnya adalah tingginya angka pengangguran karena kurang tersedianya lapangan pekerjaan.

Jika masalah ini diibaratkan penyakit, belum ada formula yang tepat, sehingga tidak heran jika di daerah ini masih banyak masyarakat yang hidup dibawah kemiskinan dan banyaknya kasus kenakalan remaja yang salah satunya tingginya angka penyalahgunaan narkoba.

Untuk mengatasi persoalan tersebut tentunya dibutuhkan figur pemimpin yang mempunyai konsep dan kompetensi yang yang mumpuni, dan untuk semua itu ada di figur Indra Gunawan Eet dan Samsu Dalimunthe.

" Jika ESA (Eet-Samda) terpilih, maka untuk meningkatkan kompetensi pekerja di sektor migas akan dibuat Pusdiklat migas yang akan bekerja sama dengan lembaga lembaga sertifikasi yang saat ini berada di Cepu Jawa tengah," ujar Agussalim, salah satu ketua Tim Pemenangan ESA Daratan, kepada Riau86.com Jumat (25/09/20).

Lanjut Agussalim, untuk jangka panjang program ini diharapkan tenaga kerja lokal bukan hanya menjadi tuan rumah dinegeri sendiri. " Kita harapkan bisa bersaing di luar daerah tapi juga di kancah internasional," tukasnya.(BangOse)