Prabowo Bicara Chief of Law Enforcement Officer

Mahfud: " Isu Setiap Pilpres .."

Mahfud MD

JAKARTA/86 --- Mahfud MD mendukung ide capres petahana Joko Widodo yang mengusulkan mengenai pusat legislasi nasional. Ia juga berbicara mengenai pernyataan Prabowo Subianto mengenai chief of law enforcement officer.

Tamu undangan pada debat capres cawapres berasal dari sejumlah kalangan. Mahmud MD menjadi salah satu tamu undangan di debat perdana capres cawapres yang digelar di Hotel Bidakara, Jaksel, Kamis (17/1/2019) malam.

Menurut Mahfud, kedua pasangan calon juga telah mempersiapkan diri dengan matang. Eks Ketua Mahkamah Konstitusi itu mengomentari pernyataan Prabowo yang menyebut presiden sebagai chief of law enforcement officer (panglima tertinggi dalam penegakan hukum).

" Ya itu sama, sejak dulu kan setiap-setiap pemilihan presiden selalu isunya itu. Presiden itu adalah pimpinan tertinggi dalam penegakan hukum memang begitu dan itu bukan isu baru. Nah sekarang apa yang dilakukan sebagai chief of law enforcement itu tadi membuat suatu apa namanya dapur penggodokan hukum sehingga tumpang tindih itu hilang," kata Mahfud usai menonton debat.

Mahfud menilai, pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin menguasai tema debat kali ini yakni soal Hukum, HAM, Terorisme, dan Korupsi.

" Bagus, lumayan menguasai masalah dan untuk bidang hukum ada yang baru ya. Misalnya bagaimana membuat satu dapur penggodokan hukum. Itu saya kira penting karena kalau jawabannya hanya misalnya untuk hanya memperbaiki hukum untuk mengumpulkan pakar-pakar untuk sinkronisasi, itu sudah sejak dulu," ungkapnya.

Menurut Mahfud, melibatkan pakar-pakar soal legislasi tak cukup. Ia mendukung Jokowi yang ingin membentuk pusat legislasi nasional yang nantinya akan dikontrol langsung oleh presiden.

" Misalnya ada satu dapur tadi untuk sinkronisasi setiap masalah-masalah hukum diolah, di dapur yang sama tidak sendiri-sendiri seperti sekarang ini kan sendiri-sendiri nih, dapartemen punya, daerah punya. Dapurnya nggak ada, saya kira tumpang tindih. Tadi ada gagasan dua ya. Mau ada satu lembaga yang khusus menangani masalah regulasi itu saya kira bagus," tutur Mahfud.

Dalam debat perdana, capres Prabowo Subianto memberikan tanggapan atas jawaban Jokowi mengenai penyelarasan aturan di Indonesia. Prabowo menyatakan aturan di Indonesia begitu tumpang tindih.


" Pemerintah itu yang bertanggung jawab untuk penyelarasan, perbaikan, untuk menghasilkan produk-produk aturan itu. Presiden adalah chief of law enforcement," kata Prabowo dalam sesi debat capres. (detiknews)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar