Belasan Rumah Warga Indramayu Rusak Diterjang Puting Beliung

Rumah hancur akibat puting beliung

INDRAMAYU/86 -- Sebanyak 19 rumah di Desa Temiyangsari, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat rusak parah akibat disapu angin puting beliung pada Minggu 3 Februari 2019 kemarin. Bahkan, beberapa di antaranya sampai ambruk akibat kuatnya hembusan angin.

"Kejadian angin puting beliung Minggu sekitar pukul 14.30 WIB dan merusak beberapa rumah milik warga," kata Kapolres Indramayu, AKBP Yoris MY Marzuki di Indramayu, Senin (4/2/2019).

Yoris berujar bahwa puting beliung itu mengakibatkan 19 rumah milik warga yang berada di RT 02/RW 01, Desa Temiyangsari, Kecamatan Kroya, Kabupaten Indramayu rusak terutama di bagian atap, bahkan sampai ada yang roboh.

Untuk itu, jajarannya langsung diterjunkan guna membantu membersihkan puing rumah warga yang rusak akibat bencana tersebut. "Kita langsung membantu membersihkan dan memperbaiki rumah warga yang rusak," ujarnya.

Sementara, prakirawan cuaca BMKG Stasiun Jatiwangi, Majalengka, Ahmad Faa Iziyn mengatakan, selama musim hujan dengan intensitas tinggi sangat berpotensi terjadi puting beliung, selain banjir dan tanah longsor.

Apalagi, wilayah Cirebon yang meliputi Kota/Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan masih dilanda cuaca labil. "Kalau musim hujan potensi terjadinya angin puting beliung sangat besar," katanya.

Angin puting beliung, lanjut Faiz terjadi karena pembentukan awan Cumulonimbus (Cb). "Angin puting beliung berpotensi terjadi selama musim hujan ini hingga menjelang masuk musim kemarau atau pancaroba pada bulan Mei nanti," tuturnya. (okezone)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar