Koruptor Rp 119 Miliar Alay Ditangkap di Bali!

Koruptor Allay saat diperiksa kesehatannya setelah diamankan

DENPASAR/86 -- Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bali menangkap satu buron terpidana kasus pembobolan bank di Lampung, Sugiarto Wiharjo alias Alay. Terpidana ditangkap saat menginap di kawasan Tanjung Benoa, Bali.

" Kejati Bali melakukan pengamanan DPO atas nama terpidana Sugiarto Wiharjo alias Alay. Kami mendapat informasi bahwa terpidana ini berada di Bali dan kami mengikuti terdakwa dan kami dapati terdakwa di Novotel, Tanjung Benoa," kata Kasi Penkum Kejati Bali Edwin Beslar di kantornya yang terletak di jalan Tantular, Renon, Denpasar, Bali, Rabu (6/2/2019).

Edwin menyebut Sugiarto tak hanya terlibat satu kasus pembobolan bank, tapi juga kasus lainnya. Sugiarto diketahui melakukan perjalanan darat bersama keluarganya menggunakan Alphard bernopol 'L' dari Jember dan transit di Bali untuk berangkat ke Lombok.

" DPO Sugiarto, jadi ada beberapa tindak pidana. Informasi beliau baru tiba hari ini siang, lewat jalur darat dari Jember. Transit saja karena tujuan selanjutnya mau ke Lombok," tuturnya.

Edwin menerangkan Sugiarjo terjerat kasus pembobolan bank saat menjabat Komisaris Utama BPR Tripanca Setyadana di Lampung. Kasus itu melibatkan lima direksi BPR serta mantan Bupati Lampung Timur dan Bupati Lampung Tengah.

" Kasusnya terdakwa membobol bank sendiri bekerja sama dengan para direksi, bersama, ditransfer ke rekening pribadi. Di sana ada uang milik pemerintah Lampung Timur dan Lampung Tengah. Kurang-lebih 7 orang (yang terlibat), yaitu direksi dan mantan Bupati Lampung Tengah dan Lampung Timur, " jelasnya.

Akibat perbuatan tersebut, nilai kerugian yang dialami Pemkab Lampung Timur sebesar Rp 107 miliar. Sedangkan Lampung Tengah senilai Rp 28 miliar.

Edwin menambahkan penangkapan ini dilakukan berdasarkan putusan MA Nomor 510/K/PID.SUS/2014 tertanggal 21 Mei 2014, yang menjatuhkan vonis 18 tahun penjara.

"Karena locus delicti Lampung pimpinan telah menghubungi Kajati Lampung sudah berkoordinasi dan tim jaksa eksekutor sedang dalam perjalanan ke sini. Tim sudah berangkat ke Bali," tuturnya. (detik.com)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar