Puskesmas Bagan Batu Raih Akreditasi Utama dari Kemenkes RI

Rombongan tim penilai akreditasi Kemenkes saat melakukan penilaian di Puskesmas beberapa waktu lalu

BAGANBATU/86 -- Puskesmas Bagan Batu kecamatan Bagan Sinembah meraih akreditasi utama dari Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (AFKTP) Direktorat Jendral (Dirjen) Pelayanan Kesehatan Kementrian Kesehatan (Kemenkes).

Akreditasi ini diraih setelah Puskesmas tersebut dinilai oleh lembaga tersebut tentang pemenuhan standar pelayanan kesehatan tingkat pertama yang ditetapkan oleh pemerintah.

" Ada beberapa Puskesmas di Kabupaten Rokan Hilir termasuk Puskesmas Bagan Batu yang dinilai dan syukur Puskesmas ini berhasil mendapatkan akreditasi tersebut," kata Kepala Puskesmas Bagan Batu, dr Josafat Silalahi kepada Riau86.com,

"Penghargaan status akreditasi utama terhadap Puskesmas Bagan Batu dari Kementerian Kesehatan menunjukkan keseriusan Pemerintah Kabupaten Rohil umumnya dan pemerintah kecamatan Bagan Sinembah dalam memberikan pelayanan prima pada masyarakat, " ucapnya.

Dirinya berharap akreditasi yang diraih bisa dipertahankan dengan menjaga kualitas pelayanan kepada masyarakat. Ia juga mengatakan akreditasi ini jadi tantangan untuk kedepannya memberikan yang lebih baik lagi untuk masyarakat.

“ Tantangan pelayanan kesehatan semakin besar sehingga diperlukan upaya-upaya yang luar biasa untuk mengatasi berbagai persoalan," ucapnya.

Ia mengatakan dalam rangka meningkatkan pelayanan, Puskesmas berupaya terus meningkatkan kompetensi petugas pelayanan. Tidak hanya mantap dalam segi medis tetapi juga memiliki kemampuan komunikasi yang baik menjadi faktor kunci keberhasilan meraih prestasi.

" Untuk lebih mengoptimalkan seluruh unsur pelayanan agar tujuan akreditasi secara optimal dapat tercapai, setiap enam bulan kami melakukan review dokumen dan perbaikan mutu pelayanan yang dilaksanakan oleh masing-masing penanggungjawab program," jelasnya. (Mas min)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar