12 Ribu Onthelis Ngonthel Bareng di Sidoarjo Pecahkan Rekor Leprid

Onthelis meramaikan kegiatan

SIDOARJO/86  -- 12 ribu onthelis dari seluruh Indonesia memeriahkan event Internasional sepeda onthel kuno se-Indonesia. Kegiatan tersebut juga di ikuti peserta dari manca negara diantaranya dari Malaysia dan Thailand.

Acara ini bertema 'Satu Sepeda Sejuta Saudara'. Kegiatan merupakan rangkaian Hari Jadi Sidoarjo ke-160. Serta ulang tahun Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) ke-11.

Selain itu ngonthel bareng yang memakai baju lurik ini memecahkan rekor dunia Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) dengan peserta terbanyak. Kegiatan tersebut start dan finish di parkir GOR Delta Sidoarjo.

" Kegiatan ngonthel dengan memakai sepeda kuno dan berbaju lurik ini memecahkan rekor dunia Leprid dengan peserta terbanyak," kata Saiful Ilah Bupati Sidoarjo kepada wartawan di sela-sela pemberangkatan ngonthel bareng di parkir GOR Delta Sidoarjo, Minggu (10/2/2019).

Saiful mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo ke-160. Kegiatan ini dengan memakai baju lurik, juga untuk melestarikan budaya lokal dan untuk meningkatkan daya tarik wisatawan lokal maupun manca negara.

" Dengan event seperti ini semoga menjadi daya tarik wisatawan baik lokal maupun manca negara," tambah Saiful.

Sementara itu Ketua Umum Leprid Paulus Pangka mengatakan bahwa ngonthel bareng ini memecahkan rekor nasional dan rekor baru, dengan nomor urut ke-44.

Sebelumnya di Semarang ngonthel Kebangsaan dengan peserta 8 ribu. Sementara itu di Sidoarjo ngonthel ini sebanyak 12 ribu, yang 10 memakai baju lutik. Ini pertama kali di Indonesia yang memakai baju lurik.

" Dengan kegiatan seperti itu, untuk melestarikan budaya nasional, karena baju lurik merupakan baju adat tradisi jawa, yang perlu dilestarikan," kata Paulus.

Sementara itu Chirawat Tancharoen (32) salah satu peserta ngonthel bareng dari Thailand, melalui penterjemahnya mengaku sangat kagum dengan peserta yang sangat luar biasa dan sangat banyak sekali.

Kedatangannya ke Sidoarjo Indonesia ini hanya ingin menjalin persaudaraan sesama pencinta sepeda onthel. "Pencinta sepeda onthel di Indonesia sangat luar bisa, kami sangat bangga melihat tali Persaudaraan ini, bangga-bangga luar biasa," tandas Chirawat. (detik.com)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar