Melihat Gigihnya Kakek 90 Tahun Jualan Sayur Pakai Sepeda Keliling

Sosok Mbah Mul

SOLO/86 -- Hidup adalah perjuangan bagi Mbah Mul (90), warga Boyolali, Jawa tengah. Pria tua ini hidup hanya berdua dengan sang istri, Mbah Ngadiyem (85). Guna memenuhi kehidupan sehari-hari, Mbah Mul menjajakan sayuran secara berkeliling di sekitar Pasar Mangu, Ngemplak, Boyolali.

Mengutip dari informasi yang dibagikan akun Instagram @kuliner.neng.solo, Rabu (13/2/2019), Mbah Mul menjajakan sayur dagangannya, seperti daun ketela dan jagung, tanpa kenal lelah.

Dengan menuntun sepeda tuanya, Mbah Mul berkeliling wilayah sekitar Pasar Mangu dengan sabar. Di usia senja, Mbah Mul mengalami penurunan pendengaran.

Kedua anaknya telah meninggal dunia setengah tahun lalu. Kini Mbah Mul hanya hidup berdua saja dengan sang istri. Namun, kondisi raga yang telah melemah bukan alasan baginya untuk bermalas-malasan. Mbah Mul harus mencari nafkah untuk menopang kehidupannya bersama sang istri tercinta.

" Raga yang sudah tua harusnya Beliau gunakan untuk beristirahat di rumah, namun agar bisa tetap makan sehari-hari beliau tetap bekerja. Walaupun memang hasilnya tidak seberapa, Beliau tetap berjuang terus, demi sang istri Mbah Ngadiyem yang dengan setia menunggunya di rumah," tulis @kuliner.neng.solo yang membagikan video kehidupan Mbah Mul dan Mbah Ngadiyem.

Mbah Mul hanya berjualan ketika panen. Kehidupannya bersama sang istri sangat memprihatinkan. Pasangan ini tinggal di rumah tua berdinding kayu berdua saja. Mereka tidur beralaskan tikar.

Kisah pilu tentang perjuangan hidup Mbah Mul menarik perhatian sejumlah warganet. Selain mendoakan kesehatan bagi Mbah Mul dan Mbah Ngadiyem, ada sejumlah warganet yang berniat memberikan bantuan. Mereka sangat prihatin melihat kehidupan Mbah Mul yang serba pas-pasan.

"Mereka sudah tua, hidup cukup, bahkan pas-pasan. Tapi, mereka selalu bekerja. Sehat selalu yang mereka harapkan. Bukan materi atau gengsi, mereka bahkan tidak peduli lagi. Mereka selalu bersyukur masih diberi umur panjang, sehat, dan bisa makan. Mereka mampu hidup tenang dan bahagia walau sederhana. Pengin bantu mbah itu, yuk cari yang open donasi, kabar gaes," tulis @ritadayanti.

"Mudah-mudahan sehat selalu mbah. Banyak rezeki, selamat dunia akhirat," komentar @benfull.grafika. "Semoga diberi rezeki yang melimpah, kesehatan, dan umur panjang, amin," tulis @galihnuryullianadewi. (okezone)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar