Heboh Ular Piton 4 Meter Masuk ke Rumah dan Warung Warga

Warga masyarakat saat menangkap ular piton

PANGKALAN BUN/86 -- Seekor ular piton berukuran sekitar 4-5 meter dengan berat sekira 30 kg masuk kedalam rumah dan warung milik Juhri Hadinata di Jalan Ahmad Yani Km 5,5, Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng) pada Kamis (14/2/2019) sekira pukul 06.30 WIB.

Saat itu sang pemilik warung sedang memandikan sang anaknya. Saat memandikan anak pertama Azzura (2), Juhri melihat di bawah lantai kayu ada yang berkilau warna pelangi.

Setelah diamati dari dekat ternyata kilauan tersebut dari sisik ular piton atau yang sering disebut warga lokal sebagai ular sawah.

Sontak dirinya langsung menyelamatkan anak dan memanggil bapak mertua untuk memberitahukan keberadaan ular. “Mertua sempat membawa parang khawatir ular tersebut membahayakan keluarga yang ada di dalam rumah dan warung,” ujar Juhri, Kamis (14/2/2019) siang.

Ternyata, lanjut dia, ular tersebut berukuran besar. Kemudian dirinya langsung menghubungi Kepala SKW II Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalteng, Agung Widodo, meminta agar ular itu segera dievakuasi.

Sekira pukul 08.30 WIB, petugas BKSDA beserta pawang ular datang untuk mengevakuasi. Ular yang bersembunyi di balik lantai papan kamar mandi menyulitkan petugas untuk mengevakuasi sehingga harus membuka papan terlebih dahulu.

“Setelah sebilah papan dibuka, kepala ular tersebut langsung ditangkap dan kemudian diisolasi pada bagian moncong agar tidak membahayakan petugas. Hampir 5 orang dewasa yang membantu mengevakuasi ular dengan bobot sekitar 30 kg dan panjang 4 meter lebih itu,” katanya.

Ular tersebut kemudian sempat menjadi tontonan warga sekitar dan pengendara yang melewati jalan tersebut terhenti untuk melihat evakuasi ular. “Selanjutnya ular tersebut dibawa ke kantor BKSDA Kalteng di Pangkalan Bun,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SKW II BKSDA Kalteng di Pangkalan Bun, Agung Widodo mengatakan, saat ini ular besar masih di kantor SKW II BKSDA Kalteng sebelum dilepasliarkan ke Suaka Margasatwa (SM) Lamandau.

" Untuk perkiraan usianya kita kurang tahu, inj ular betina. Ular ini bisa memakan sebesar anak sapi atau kambing dewasa," katanya. (okezone)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar