Asap Mulai Muncul, Bengkalis dan Dumai Tetapkan Siaga Kebakaran Hutan

Salah satu titik panas akibat karlahut

PEKANBARU/86 -- Kebakaran hutan dan lahan terus melanda Provinsi Riau. Kebakaran hutan dan lahan paling parah terjadi di Kabupaten Bengkalis dan Kota Dumai yang merupakan daerah pesisir Riau.

Pemkab Bengkalis dan Pemkot Dumai pun menetapkan siaga darurat kebakaran hutan dan lahan. Saat ini tim gabungan berupaya memadamkan kebakaran di beberapa titik.

" Dua daerah tersebut sudah menetapkan siaga darurat kebakaran hutan," ucap Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Provinsi Provinsi, Jim Gafur, Jumat (15/2/2019).

Dia mengatakan, upaya pemadaman dilakukan dengan jalur darat. Pemadaman melibatkan tim dari TNI, Polri, BPBD, Mangala Agni dan masyarakat peduli api (MPA). Penanggulangan kebakaran menggunakan mesin pompa air.

" Selain melakukan pemadaman di dua wilayah tersebut, tim juga melakukan pemadaman beberapa titik di Kabupaten Kepulauan Meranti dan Siak," imbuhnya.

Sementara itu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru menyatakan terdeksi ada 68 hot spot (titik panas) di Provinsi Riau. Titik panas tersebar di empat wilayah.

"Di Kabupaten Bengkalis terpantau ada 46 titik panas, Kepulauan Meranti 18 titik, Pelalawan 3 titik dan Kabupaten Siak 1 titik," ucap Kepala BMKG Pekanbaru, Sukisno.

Sementara Ridwan, warga Kota Dumai mengatakan bahwa kebakaran hutan di wilayahnya sudah menimbulkan kabup asap.

"Pagi hari kabut asap pekat, namun siang mulai normal. Kita minta pemerintah serius menanggulangi kebakaran," ucapnya. (okezone)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar