Rohil Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla

Petugas saat memadamkan lahan di Mumugo, Rohil

BAGANSIAPIAPI/86 - Bupati Rokan Hilir H Suyatno menetapkan Status Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Pasalnya, terhitung awal bulan Junuari hingga Februari telah terjadi Karhutla dibeberapa kecamatan rawan mengalami peningkatan.

 

“Kita tahu bahwa sebahagian besar lahan di Rohil gambut. Dan sangat sulit dipadamkan bila terbakar. Hal ini tentu berpotensi menimbulkan bencana kabut asap, untuk itu dibutuhkan langkah kongkret untuk mengantisipasi secara dini dengan status siaga darurat Karhutla,” kata Orang nomor satu Rohil kepada Riau86.Com, Rabu (20/2/2019).

 

Menurut Bupati, berdasarlan analisa kondisi cuaca di Riau oleh BMKG Stasiun Meteorologi Pekanbaru akan terjadi penurunan intensitas hujan diawal tahun. Ini akan berdampak munculnya hotspot atau titik api yang berpotensi menyebabkan Karhutla. Dengan pertimbangan itu ditetapkan Rohil siaga darurat Karhutla.

 

Adapun status siaga darurat Karhutla berlangsung selama 103 hari sejak terhitung, Selasa 19 Februati hingga Jumat 31 Mei 2019. Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dan masa berlaku status siaga darurat ini dapat diperpanjang atau diperpendek. Semua sesuai kebutuhan penyelenggaraan penanganan bencana dilapangan.

 

“Alhamdulillah usai penetapan status siaga darurat Karhutla. Siang kemarin Kota Bagansiapiapi diguyur hujan lebat. Mudah-mudahan dengan hujan ini dapat memadamkan titik api di Rohil,” kata Bupati mengakhiri. (BangDoi)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar