Padamkan Karhutla, Satu Heli Water Bombing Kembali Dikerahkan ke Riau

Pemadaman Karlahut Riau

PEKANBARU/86 – Pemerintah Provinsi Riau kembali mendapat penambahan kekuatan udara untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan. Satu unit helikopter jenis Kamov didatangkan ke Bumi Lancang Kuning.

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Jim Gapur mengatakan, heli yang didatangkan ke Riau ini memiliki kapasitas angkut air yang lebih besar dibanding dengan heli yang sudah ada.

" Sore ini helikopter tersebut datang untuk membantu penanggulangan kebakaran," ucap Jim Gapur, Kamis (28/2/2019).

Heli jenis ini mampu mengangkut 4,5 ton. Heli ini nantinya akan melakukan aktivitas water bombing (bom air) dari udara, di beberapa lokasi kebakaran di Riau, seperti Bengkalis, Dumai, Siak, Pelalawan dan Rohil.

Saat ini, Riau sudah diperkuat kekuatan udara untuk pemadaman adalah satu unit helikopter water bombing dari BNPB, dan dua helikopter milik TNI yang digunakan untuk mengedrop pasukan dari udara dan patroli.

Selain itu, pesawat jenis Cassa 212 dari BNPB sudah dikerahkan ke Riau untuk melakukan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk membuat hujan buatan. Caranya adalah dengan melakukan penyemaian awan dengan garam.

Pasukan darat juga telah diperbantukan 1 kompi pasukan dari Kostrad (Komando Strategi Angkatan Darat). Pasukan elite TNI AD ditempatkan di daerah Pulau Rupat, Bengkalis. "Tim darat dan udara terus berupaya menanggulangi kebakaran," imbuhnya. (okezone)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar