Kembali Berulah, KKB Bakar Alat Berat Milik Istaka Karya

Kelompok Kriminal Bersenjata

TIMIKA/86 – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali membuat ulah dengan membakar alat berat miliki PT Istaka Karya di Kampung Yal, Distrik Hal, Kabupaten Nduga, Papua, pada Rabu (27/2/2019).

Peristiwa pembakaran alat berat diketahui personel Brimob yang sedang melaksanakan patroli di wilayah itu. Sebelum membakar peralatan itu, KKB terlebih dahulu melepaskan dua kali tembakan.

" Tepatnya pada titik CO 1220 1386 telah terjadi pembakaran alat berat yang telah lama rusak dan tidak digunakan lagi milik PT Istaka Karya yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata. Sebelum melakukan pembakaran, kelompok kriminal bersenjata tersebut membunyikan tembakan sebanyak dua kali," kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangan pers yang diterima di Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Kamis (28/2/2019).

Sebelumnya pada Selasa, 26 Februari 2019 sekitar pukul 23.00 WIT, di titik CO 54M 207331 9530846 Kampung Yal terjadi kontak tembak antara personel Brimob dengan KKB.

Saat itu personel Brimob yang dipimpin AKP Rubby Nanda melakukan penyisiran dari Distrik Yigi menuju Distrik Yal, hingga Distrik Mugi.

" Pukul 23.00 WIT, pada saat personel Brimob menaiki tanjakan terjal longsoran di Distrik Yal, kelompok kriminal bersenjata menembak sebanyak tiga kali ke arah personel Brimob disertai dengan teriakan-teriakan khas masyarakat pegunungan sebagai pancingan dari kiri dan belakang," tutur Kamal. 

Selanjutnya, tim yang melakukan penyisiran kemudian membalas tembakan itu disertai pengejaran. " Tim personel Brimob memberikan tembakan balasan dan pengejaran, didapatkan jejak pelarian di Distrik Yal, tepatnya di titik CO 54M 207205 9530670. Pukul 23.45 WIT, personel Brimob melaksanakan penggeledahan beberapa rumah yang diindikasikan dijadikan tempat persembunyian kelompok kriminal bersenjata dan melakukan patroli di beberapa ketinggian (bukit) di Distrik Yal," kata Kamal.

Menurut Kamal, alat berat yang bakar oleh KKB kondisinya sudah rusak dan tidak digunakan lagi, sehingga alat tersebut tidak dijaga. (okezone)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar