Saat SBY Temani Ani Yudhoyono yang Kanker Darah

Dirangkul dan Pegangan Tangan di Lorong Rumah Sakit

Istimewa

JAKARTA/86 -- Selama berobat di National University Hospital, Ani Yudhoyono didampingi oleh sang suami, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Anak sulung Ani Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan SBY akan mendedikasikan waktunya untuk menemani sang istri. SBY akan fokus mendukung dan mendampingi Ani Yudhoyono menjalani segala rangkaian pengobatan penyakit kanker darah yang dideritanya.

Melalui Instagram-nya, Ani Yudhoyono membagikan kegiatannya selama di rumah sakit. Pada unggahan Sabtu (2/3/2019), Ani Yudhoyono mengatakan kegiatan berolahraga merupakan salah satu caranya untuk tetap bugar.

Karena kondisi kesehatannya yang belum memungkinkan, Ani Yudhoyono masih berolahraga seperti jalan kaki mengitari lorong rumah sakit. Ia mengenakan baju pasien berwarna merah muda. Kepalanya ditutupi kupluk berwarna merah marun, sementara bagian mulut dan hidungnya ditutupi masker. Ani Yudhoyono tak melakukan kegiatan olahraga sendiri. Ia ditemani oleh menantunya, Aliya Rajasa dan sang suami, SBY.

Sama seperti Ani Yudhoyono, Aliya Rajasa dan SBY mengenakan masker berwarna biru. Di beberapa kesempatan, SBY jalan berdampingan dengan Ani Yudhoyono. Ia pun terlihat merangkul sang istri dengan tangan kirinya.

Rangkulan tersebut dibalas oleh Ani Yudhoyono. Selain merangkul, SBY juga terlihat menggenggam kedua tangan Ani Yudhoyono. SBY juga terlihat di dalam ruang steril tempat di mana Ani Yudhyono dirawat. Ani Yudhoyono ditemani SBY.

Dirawat di 'Ruang Isolasi'

Dalam sebuah wawancara, anak sulung Ani Yudhoyono dan SBY, Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY ) mengatakan sang ibu harus dirawat di ruang steril. Selain itu, Ani Yudhoyono juga harus 'diisolasi' dan tak bisa leluasa menerima tamu.

Hal tersebut harus dilakukan untuk mencegah masuknya penyakit dari luar yang dapat membahayakan kesehatan Ani Yudhoyono.

"Memang sangat-sangat dibatasi (kunjungan tamu), kami sebagai keluarga inti juga harus sangat disiplin.Jangan sampai kondisi kurang baik, kurang enak badan berdekatan dengan Ibu Ani. Ini bisa menimbulkan kerawanan karena kondisi ibu yang belum stabil," ucap AHY dalam video yang diung
gah Liputan6.com, Kamis (14/2/2019).

Saat besan datang menjenguk, Ani Yudhoyono tak bisa bertatap muka secara langsung. Melalui Instagram-nya, Ani Yudhoyono meminta maaf karena pertemuannya dengan ibunda Annisa Pohan tidak bisa dilakukan secara langsung.

Meski begitu, anggota inti keluarga Yudhoyono masih bisa satu ruangan dengan Ani Yudhoyono karena harus merawatnya.

" Maaf ya bunda Pohan, sementara waktu kita dibatasi oleh kaca," tulis Ani Yudhoyono, Kamis (28/2/2019). Kondisi terbaru Ani Yudhoyono masih dirawat di 'ruang isolasi' tersebut.

Ia hanya bisa bertemu dengan tamu yang mengunjunginya dari kaca pintu yang berukuran kecil. Selama Ani Yudhoyono dirawat, sosok SBY selalu mendampingi dirinya.

Dari balik kaca, terlihat SBY mengenakan masker saat menemani Ani Yudhoyono. Dukungan Keluarga Anak sulung SBY dan Ani Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY mengatakan dukungan keluarga berperan penting terhadap kesembuhan ibunya.

Selama dirawat, Ani Yudhoyono selalu ditemani oleh keluarganya secara bergantian. Tak hanya anak dan suaminya saja yang menemani Ani Yudhoyono, dua menantunya, Annisa Pohan dan Aliya Rajasa juga memberikan perhatian khusus. Istri Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, Aliya Rajasa sempat merawat mertuanya.

Hal tersebut diketahui dari unggahan Ani Yudhoyono, Senin (18/01/2019). Dalam unggahan tersebut, disebutkan Aliya Rajasa menjelaskan tentang perkembangan kesehatan Ani Yudhoyono.

Di telinganya tergantung masker karena kondisi Ani Yudhoyono masih rentan dengan penyakit yang dapat ditularkan oleh orang sekitarnya. Selain Aliya Rajasa, SBY pun berdiri di samping Ani Yudhoyono.

Rupanya Aliya Rajasa bolak-balik Jakarta-Singapura untuk merawat mertuanya. Begitu juga dengan Annisa Pohan, istri AHY. Bila Aliya Rajasa pulang ke Indonesia maka kehadirannya digantikan oleh Annisa Pohan.

" Saatnya suster Aliya @ruby_26 pulang ke Indonesia, sebelumnya menyempatkan diri untuk menjelaskan tentang perkembangan kesehatan semalam. Menunggu kedatangan suster Annisa @annisayudhoyono yg sdg OTW."

Jalani 2 Tahap Pengobatan Dalam tayangan CNN Indonesia yang diunggah pada 16 Februari 2019, AHY mengatakan SBY mendedikasikan waktunya untuk merawat Ani Yudhoyono.

"Bapak akan mendedikasikan waktunya secara penuh untuk mendampingi Ibu Ani," kata AHY.

Meski begitu, Ani Yudhoyono meminta AHY dan anak keduanya, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas agar tak melupakan rakyat apalagi saat ini sedang memasuki masa pemilu.

"Yang membuat saya terharu justru Ibu Ani lah yang mengingatkan saya dan adik saya, 'Kamu boleh jaga saya di sini tetapi jangan sampai tugas-tugas di Tanah Air ditinggalkan begitu saja'. Jadi saat ibu lemah terbaring tapi yang dipikirkan perjuangan dan memotivasi saya," ucap AHY.

Penyakit kanker darah bukanlah penyakit yang mudah untuk disembuhkan. AHY mengatakan sang ibu tak patah semangat menjalani pengobatan agar bisa berkumpul bersama keluarga lagi.

Bahkan, AHY menyebut sang ibu adalah seorang pejuang. Saat ini, ada dua permasalahan yang diderita Ani Yudhoyono dan harus segera ditangani. Pertama, tim dokter akan menghancurkan sel kanker darah yang ada di tubuh Ani Yudhoyono.

Pengobatan tersebut berlangsung beberapa tahap. Kemudian, proses pengobatan dilanjutkan untuk memperbaiki pabrik darah atau sumsum tulang belakang. (tribunnews)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar