Ngeri! Banjir Rendam Kabupaten Bandung, Tinggi Air Mencapai Atap Rumah

Banjir yang melanda kabupaten Bandung

BANDUNG/86 --- Banjir luapan Sungai Citarum merendam permukiman warga yang tinggal di tiga kecamatan area Kabupaten Bandung, Jawa Barat, yaitu Bojongsoang, Baleendah, dan Dayeuhkolot. Ketinggian air mencapai atap rumah warga.

Pantauan dilapangan, Kamis (7/3/2019), banjir yang menerjang Kampung Bojongasih, Desa Dayeuhkolot, Kecamatan Dayeuhkolot, ketinggian airnya bervariasi mulai sebetis orang dewasa hingga atap rumah warga. "Dari 50 sentimeter sampai 250 sentimeter," kata Asep Ule (47), warga Bojongasih, Kamis (6/3/2019).

Menurut Asep, ketinggian air di rumahnya mencapai 150 sentimeter. Keluarganya tidak mengungsi karena bangunan rumahnya memiliki dua lantai. "Tidak mengungsi, ada loteng. Kalau di bawah air masuk barang-barang juga ikut terendam," ujar Asep.

Asep menuturkan, kejadian banjir ini sudah terjadi tiga minggu ke belakang. Air pasang-surut di musim hujan seperti saat ini. Banyak warga yang bertahan di rumahnya dibanding mengungsi.

Warga menggunakan perahu untuk membeli kebutuhan makanan pokok di warung, aktivitas kerja, dan keperluan mendesak.

Belasan perahu berputar-putar di permukiman untuk mengangkut warga yang hendak pergi bekerja atau untuk membeli kebutuhan makanan. "Iya, harus pakai perahu buat beli beras dan telur," kata Iis, warga Dayeuhkolot.

Iis mengeluhkan kondisi seperti ini karena banjir terjadi tidak hanya sehari atau dua hari. Bisa berminggu-minggu, bahkan hitungan bulan. "Bisa bulanan, pasang-surut airnya. Kalau musim hujannya panjang, ya, terus saja terendam banjir," ucap Iis. (detik.com)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar