TNI, Polri Berjibaku Padamkan Kebakaran Lahan di Sei Rumbia

Istimewa

BAGANBATU/86 -- Lahan seluas 5 hektar yang ada di Dusun Sei Rumbia II, Kecamatan Balai Jaya Kabupaten Rokan Hilir sejak Jumat (15/3/2019) kemarin terbakar.

Dari hasil konfirmasi dengan Komandan Koramil 03/BGS, Kapten Arh H Sitorus melalui Serma S Manurung,Sabtu (16/3/2019) membenarkan jika telah terjadi kebakaran diareal Sungai Rumbia II, kecamatan Balai Jaya.

Anggota bersama dari Kepolisian dan dibantu oleh perusahaan Ivomas yang dipimpin langsung oleh manajer area sungai Rumbia Zul, pada pagi hari tanggal (16/3) mulai berusaha untuk memadamkan api, adapun kendala yang dialami anggota dalam pemadaman yaitu terbatasnya kesedian air serta anggin yang cukup kencang.

" Sulitnya kesedian air dan angin yang cukup kencang kencang serta lahan gambut yang mencapai kedalaman 1 meter lebih, menjadi kendala dalam pemadaman api tersebut."jelasnya.

"Anggota yang ikut serta dalam pemadaman tersebut terdiri dari TNI 4 personil serta Polisi 1 personil dibantu oleh perusahaan Ivomas 30 personil serta masyarakat 15 orang,"jelas nya

Dalam hal ini Manurung mengatakan sumber dari kebakaran diduga berasal dari puntung rokok para pemancing ikan yang dibuang sembarangan di badan jalan yang notabennya lahan gambut.

"Dugaan sementara api berawal dari kegiatan para pemancing yang membuang puntung rokok sembarangan sehingga menimbulkan api ditambah lagi dengan situasi angin yang cukup kencang sehingga api cukup lumayan cepat menjalar,"terangnya.

Dalam hal ini atas nama Danramil 03/BGS menghimbau agar kepada seluruh elemen masyarakat baik pemilik lahan maupun para pemancing yang kebetulan lewat agar tidak membuang puntung rokok maupun kegiatan yang bisa menimbulkan api.

" Marilah kita sama-sama menjaga agar tidak terjadi lagi kebakaran, baik pemilik lahan terlebih orang orang yang kebetulan lewat agar tidak membuang benda benda yang bisa menimbulkan api," harapnya sembari mengakhiri pembicaraan (Mas min)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar