Heroik! Abdul Azis Berani Lawan Pelaku Serangan Teror di New Zealand

Istimewa

CHRISTCHURCH/86 ---  Dua masjid menjadi sasaran pelaku teror di Christchurch, New Zealand (Selandia Baru). Setelah Masjid Al Noor, Masjid Linwood menjadi sasaran kedua pelaku. Sedikitnya 7 jemaah tewas di Masjid Linwood dari 50 orang secara keseluruhan di dua masjid tersebut.

Bicara mengenai penyerangan di Masjid Linwood, muncul kisah patriotik yang dilakukan salah seorang jemaah salat Jumat di masjid tersebut saat kejadian. Orang tersebut bernama Abdul Aziz (48).

Seorang jemaah laki-laki yang merelakan dirinya untuk jadi sasaran demi mengalihkan perhatian pelaku dan tak jatuh lebih banyak korban.

Dilansir dari The Telegraph, Minggu (17/3/2019), saat ada penyerangan Abdul Aziz tak melarikan diri, dia mengambil benda apapun di dekatnya untuk menarik perhatian pelaku. Sebuah mesin kartu kredit diraihnya.

"Sini!" ujar Abdul Aziz kala kejadian sembari berlari ke luar masjid. Aziz sempat saling kejar dan kucing-kucingan dengan pelaku.

Sementara empat putranya dan sejumlah jemaah lain masih berada dalam masjid dan memberi kesempatan mereka melarikan diri. Pelaku kemudian masuk ke dalam mobilnya dan tak berapa lama mulai melarikan diri.

Masjid Linwood berlokasi sekitar 5 kilometer dari Masjid Al Noor. Aziz diagung-agungkan sebagai pahlawan karena dianggap berjasa mengurangi korban tewas dalam penyerangan di Masjid Linwood pada Jumat (15/7) lalu. Imam Masjid Linwood, Latef Alabi, memuji apa yang dilakukan Aziz.

Menurutnya tanpa Aziz, korban tewas di Masjid Linwood akan sangat tinggi. Alabi menuturkan, mendengar sebuah suara sekitar pukul 13.55 waktu setempat yang membuat aktivitas salat Jumat seketika berhenti.

Dia melihat seorang pria dengan pakaian bergaya militer dan helm menenteng senjata. Dia awalnya berasumsi pria itu adalah petugas kepolisian.

" Saya menyadari ini sesuatu yang lain, ini adalah pembunuh," ujarnya.

Alabi menyebut sempat berteriak untuk meminta sekitar 80 jemaah untuk bertiarap. Teriakan panik jemaah di mana-mana, badan korban juga tergeletak di lantai masjid.

" Kemudian saudara ini datang (Aziz). Dia mengejarnya, dan dia berhasil mengalahkannya, dan itulah bagaimana kita diselamatkan," kata Alabi.

"Kalau tidak, jika dia berhasil masuk ke masjid, maka kita semua mungkin akan pergi," imbuhnya. (detik.com)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar