30 Hektare Lahan PT TSM Terbakar

Karhutla

INHU/86 ---   Lahan kosong milik PT Tani Subur Makmur (TSM) di Desa Sei Guntung Hilir Kabupaten Indragiri Hulu Riau terbakar sejak beberapa hari lalu. Saat ini, tim gabungan TNI Polri, Manggala Agni dan masyarakat melakukan pendinginan di lokasi yang masih mengeluarkan kabut asap.

" Ya ada lahan yang terbakar sekitar 30 hektare yakni berupa semak belukar atau lahan tidur milik PT TSM dengan jenis tanah gambut. Kondisinya gambut basah lapisan bawah, dan beruntung ada air di lokasi untuk pemadaman," ujar Paur Humas Polres Indragiri Hulu, Aipda Misran, Rabu (20/3).

Misran menjelaskan, tim gabungan menggunakan sejumlah alat untuk melakukan pemadaman. Seperti mesin robin sebanyak 3 unit, selang pemadam sekitar 30 unit dan mobil pemadam milik BPBD Inhu.

"Sampai saat ini, kondisi api berhasil dipadamkan dan selanjutnya dilaksanakan kegiatan pendinginan di areal yang terbakar tersebut," ucap Misran.

Di samping kegiatan tersebut, kata Misran, Kapolres Indragiri Hulu AKBP Dasmin Ginting yang ikut turun ke lokasi juga memberikan himbauan kepada masyarakat.

Dasmin meminta agar semua pihak tidak membuka lahan dengan cara dibakar karena akan berdampak buruk bagi kehidupan khalayak ramai.

"Saat ini kasus kebakaran lahan di PT TSM masih diselidiki," pungkasnya. Sementara itu, pemilik PT TSM, Mastur alias Asun saat dihubungi merdeka.com belum merespons. Pesan yang dikirim belum dibalas.
(merdeka.com)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar