Kebakaran 5 Hektare Lahan Berhasil Dipadamkan

Camat Balai Jaya, Samsuhir Spd

BAGANBATU/86 --- Musibah kebakaran lahan seluas 5 hektare yang ada di kelurahan Balam Sempurna Kota, kecamatan Balai Jaya, kabupaten Rokan Hilir berhasil dipadamkan.

Demikian dingkapkan oleh Camat Balai Jaya, Samsuhir Spd kepada Riau86.com, disela-sela kegiatan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2019 di lapangan Mapolsek Bagan Sinembah, Sabtu (23/3/2019).

" Alhamdulillah berkat kerja keras semua pihak, mulai dari TNI-Polri, perusahaan dan juga masyarakat anti api akhirnya kebakaran lahan itu berhasil dipadamkan," kata Samsuhir.

Samsuhir juga mengatakan, bahwa lahan yang terbakar tersebut adalah milik warga masyarakat. " Lahan itu milik masyarakat yang mungkin dibersihkan dengan cara membakar. Namun sayangnya api nya membesar," katanya.

Dimana, lanjut Samsuhir lagi lahan yang terbakar itu adalah lahan kebun kelapa sawit. " Mayoritasnya sudah ditanami kelapa sawit, dan memang ada semak belukar," katanya.

Dan untuk mengantisipasi terjadi kembali, pihak pemerintah kecamatan Balai Jaya meningkatkan pengawasan dan pemantauan. " Ya kita menempatkan warga masyarakat untuk melakukan pengawasan disekitar titik rawan terjadinya kebakaran lahan," kata Samsuhir.

Oleh karena itu, dirinya juga menghimbau kepada seluruh warga masyarkat agar tidak melakukan pembersihan lahan dengan cara membakar. " Karena efeknya terlalu besar, apalagi situasi sekarang juga sedang kemarau sehingga tidak tertutup kemungkinan api akan cepat menjalar dan merambat kelahan-lahan lainnya," himbau Samsuhir. (Mas min)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar