Alhamdulillah...Dana DAK Bangun Sanitasi dan MCK Masuk Rohil Rp. 7 M

Sekretaris Daerah (Sekda) Rohil, Drs H Surya Arfan M.Si bersama Sekretaris Perkim Budi Mulya dan perwakilan Kementrian PUTR Qiemyar dan dihadiri Kasi Intelijen Kejari Rohil, Farkhan Junaedi, SH foto bersama disela kegiatan Pelatihan Tenaga Fasilitator Lap

BAGANSIAPIAPI/86 - Alhamdulillah....Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk membangun Sanitasi dan MCK berasal dari  tahun 2019 masuk ke Kabuapetan Rokan Hilir sebesar Rp. 7 milyar. Hal ini terkuak dalam agenda yang dilaksanakan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Rokan Hilir yakni Pelatihan Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) dan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) di Hotel Mahera, Senin (25/3/19).

 

"Saya berharap agar Sanitaai maupun MCK program pusat bisa dikembangkan oleh masyarakat. Misalnya dibangun 100 masyarakat harus bisa membanguan 1000,” kata Sekretaris Daerah (Setda) Rohil, Drs H Surya Arfan, MSi dalam sambutannya.

 

Hal ini mengingat keterbatasan anggaran sehingga tidak mungkin pemerintah membantu semua masyarakat. Harus menjadi contoh untuk masyarakat lainnya. Kalau dulu MCK didepan rumah sekarang jangan sampai ada lagi karena selain merusak pemandangan juga orang akan menilai tidak bersihnya lingkungan sekitar.

 

Sekda berharap jika tahun ini dana pusat dikucurkan ke Rohil mencapai Rp. 7 Milyar. Tentu tahun berikutnya bisa ditambah. 

 

"Banyak pos anggaran di pusat sana. Tadi saya bincang bersama perwakilan PUTR yang datang karena Rohil masuk daerah administrasi terpencil jadi kita harus aktif jemput bola," katanya 

 

Sementara itu Sekretaris Dinas Perkim, Budi Mulya membenarkan adanya penurunan angka dana pusat yang dikucurkan ke Rohil tahun 2018 dan 2019 sehingga adanya pengurangan tenaga TFL yang bertugas.

 

"Kalau tahun 2019 TFL kita mebcapai 18 orang turun 25 persen menjadi 12 orang untuk tahun ini," kata Budi.

 

Adapun TFL saat ini 12 orang terdiri dari 6 orang tenaga teknis dan 2 orang tenaga pemberdayaan. Sementara untuk tahun 2019 DAK Sanitasi terdapat 7 Kepenghuluan diantaranya 5 Kecamatan Bangko dan 2 di Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika).

 

Sementara untuk MCK sebanyak 7 unit untuk Pondok Pesantren di 5 Kecamatan diantaranya Rimba Melintang, Kubu, Tanah Putih, Tanjung Medan dan 2 Unit di Kecamatan Bagansinembah. Pelatihan akan betlangsung selama dua hari dan akan diberikan materi terkait tugas TFL dan KSM yang ada di Rohil. (BangDoi)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar