Kurangi Angka Kemiskinan di Rohil, Progam Transmigrasi Lokal Solusinya!!!!

Pemerhati Rohil, M Nizar SE saat berbincang dengan owner MomenRiau.Com, Andi Bustam di Cofeshope Hotel Lion, Selasa (2/4/19)

BAGANSIAPIAPI/86 - Guna mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Rokan Hilir. Oleh karena itu, program Transmigrasi Lokal bisa menjadi solusi.

 

“Kita cukup apresiasi buat Pemkab Rohil yang telah memprogramkan rumah layak huni dan Restlemen bagi masyarakat miskin. Namun hal ini apakah solusi jitu untuk pengentasan kemiskinan di Rohil,” ujar Pemerhati Rohil, M Nizar, SE kepada Riau86.Com, Selasa (2/4/19).

 

Ia menjabarkan bahwa program yang dibuat Pemkab sudah bagus. Dan harus juga didukung  dengan sektor lain dari aspek ekonomi. 

 

Sektor mata pencaharian juga perlu di carikan jalan keluarnya. Untuk itu sebagai masukan perlunya di ambil kebijakan, seperti kedepan hendaknya buat program semacam transmigran lokal. 

 

Dengan cara mendata lahan tidur di tingkat kecamatan. Jika di perdapat ada lahan yang dimaksud di bangun suatu kawasan semacam transmigrasi lokal. Hal ini dapat dibangun dengan seksama lintas dinas, sesuai tugas dan fungsi SKPD. 

 

Seperti melibatkan  Dinas perkim, PUTR, Dinas Perkebunan Pertanian, Kependudukan dll. Rumah di bangun, prasarana jalan dibuat, lahan pertanian di siapkan sebagai mata pencaharian peserta trans lokal. Mendata rakyat setempat yang benar-benar miskin.

 

“Tempatkan saudara kita yang miskin pada kawasan tersebu. Bina dan bimbing, sehingga secara berangsur-angsur ekonomi mereka membaik dan hidup layak di Rohil,” pintanya. 

 

Semua tergantung penyelenggara daerahnya, antara legislatif dan eksekutifnya. Masih banyak lahan kosong yang bisa difungsikan meski tidak banyak.  

 

“Program seperti ini kan gak harus satu tempat. Desa mana yang masih punya lahan kosong laporkan ke Pemkab. Cukup di buat 5 unit jadilah, kalo di kumpulkan se Rohil banyak juga,” kata Cak Nizar mengakhiri. (BangDoi)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar