Harga Getah Anjlok Petani Menjerit

Kebun karet
Loading...

BENGKALIS/86--- Beberapa pekan belakangan ini, harga jual karet yang ada di Kecamatan Bengkalis, sangat rendah.

Akibatnya, banyak pertani yang ada di Kecamatan  Bengkalis dan Kecamatan  Bantan, jadi menjerit, akibat hasil jual karet dan pembelian sembako tidak sesuai.

Saat ini, harga jual getah yang ada di Desa Penebal, Kecamatan Bengkalis, hanya di angka Rp 5,500, perkilogramnya.

Seharusnya, harga jual karet di atas Rp10 ribu, supaya bisa membantu kebutuhan sehari-hari, seperti ya g diungkapkan salah seorang petani karet.

Dirinya menyebutkan, kalau harga jual karet di bawah Rp 10, ribu per kilo gramnya, maka, ekonomi akan maki  merosot.

Untuk itu, dirinya sangat berharap kepada pemerintah, agar dapat menaikan harga jual getah atau ojol yang lebih tinggi.

"Harga jual getal murah betul, sekarang ini tinggal Rp, 5,500 lagi perkilinya. Tambah lagi hujan panas, getahnya agak susah mengalir," Kata Ngak, salah seorang petani karet.

Sementara itu, menanggapi keluhan warga yang petani karet, salah seorang pembeli karet, yang bernama Muadi, dirinya  bersedia untuk membantu warga.

Dirinya menyebutkan, bagi warga net yang penurih atau pen deres, getah dirinya menawarkan, untuk pembelian jaret dengan harga yang stabil.

"Kami menawarkan pemmbelian ojol yang harga nya agak berpeasi. Harga ojol basah bangkit 2 hari Rp 7000, per kilogram nya. Bangkit satu minggu di keringkan Rp 8000, yang udah di simpan 20 hari tidak di rendam Rp 9000 ojol tidak di rendam, bagi partai besar di atas 10 - 20 ton catatan ojol tidak di rendam," Kata Muadi. (BangAndi)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar