Peserta Kampanye 02 Diklaim Lebih 1 Juta Orang, Pengelola Jelaskan Daya Tampung GBK

Istimewa

JAKARTA/86 --- Capres 02 Prabowo Subianto mengklaim kampanye akbarnya hari ini dihadiri lebih dari 1 juta orang. Sebenarnya berapa orang daya tampung Stadion Gelora Bung Karno (GBK) dan ringroadnya?

Direktur Utama GBK Winarto bicara soal daya tampung Stadion Utama GBK. Dia bicara soal daya tampung ini lepas dari konteks kampanye Prabowo.

" Benar, tempat duduk 78 ribu kursi," kata Winarto kepada wartawan, Minggu (7/4/2019).

Winarto lalu bicara soal luas lapangan rumput dan trek atletik yang ada di dalam stadion. Namun dia tak bicara soal daya tampung.

"Jadi selain kursi, ada lapangan rumput, kemudian trek atletik, totalnya 13 ribu meter persegi," ujarnya.

Berapa daya tampung lapangan rumput dan trek atletik itu? "Itu tergantung asumsi hitungan per meternya berapa orang," ujar Winarto tak mau berspekulasi.

Dia juga menjelaskan luas ringroad di luar Stadion GBK yang biasa digunakan untuk jogging. Namun itu tadi, dia tak mau bicara soal daya tampung. "Ringroad keliling itu 5.000 meter persegi," ujarnya.

Soal asumsi daya tampung, TKN Jokowi-Ma'ruf sebelumnya mengasumsikan 1 meter persegi diisi oleh dua orang.

Dengan hitungan tersebut, berarti asumsi daya tampung GBK seluruhnya adalah sebagai berikut: - 78 ribu kursi/orang + (13.000 meter persegi rumput dan trek atletik x 2 orang) + (5.000 meter persegi ringroad x 2 orang) = 114.000 orang

Jika diasumsikan satu meter diisi 3 orang, maka hitung-hitungan daya tampungnya adalah sebagai berikut: - 78 ribu kursi/orang + (13.000 meter persegi rumput dan trek atletik x 3 orang) + (5.000 meter persegi ringroad x 3 orang) = 132.000 orang
(detik.com)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar