Ir Panahatan Tambunan Nakhodai LADN Rohil

Istimewa

BAGANBATU/86 --- Lembaga Adat Dalihan Natolu (LADN) Kabupaten Rokan Hilir tentu menjadi mitra pemerintah dalam melestarikan dan mengembangkan adat istiadat dan sosial budaya masyarakat secara terpadu, terarah.

Hal ini dikatakan Bupati Rokan Hilir, H Suyatno Amp yang diwakili oleh Asisten I, Drs Ferry H Paria dalam sambutannya sesusai menghadiri pengukuhan pengurus LADN Rokan Hilir di aula Bintang Mulia Bagan Batu Kota kecamatan Bagan Sinembah, Kamis (11/4/2019).

Menurut Asisten, agar adat istiadat dan nilai budaya yang kita miliki dapat berkembang mengikuti perubahan sosial budaya dan ekonomi yang sedang berlangsung, terutama nilai-nilai etika moral dan adab yang merupakan inti dari adat-istiadat sebagai tradisi dalam masyarakat agar keberadaannya tetap terjaga dan berkelanjutan.

Pembentukan lembaga adat ini, Lanjutnya, janganlah hanya sekedar mencari kedudukan namun jauh dari situ harus mampu menjadi agen perubahan dengan membuat umpan terobosan seperti bagaimana pelaksanaan adat di acara adat tidak bertele-tele namun singkat sederahana tanpa mengurangi makna ritualnya dan nilai-nilai yang dimilikinya.

“Kedepan lembaga adat ini perlu membuat program-program dan memberikan masukan membantu pemerintah memikirkan pengembangan dan pelestarian adat istiadat, agar generasi muda Batak mengerti dan merasa mencintai dan merasa memiliki budaya sendiri.” Kata Ferry.

Sementara itu Ketua LADN Rokan Hilir periode 2019-2022 yang baru dilantik Ir Panahatan Tambunan dalam sambutannya mengatakan program jangka pendek LADN Rokan Hilir akan membentuk dan merekrut LADN di tiap Kecamatan Se-Kabupaten Rokan Hilir.

“ Kami juga akan menggali potensi -potensi adat, bagaimana kedepan adat kita di Toba Samosir dapat mempersingkat waktu terutama di tiap-tiap pesta adat serta akan menjaga situs-situs adat yang ada di Kabupaten Toba Samosir," kata Panahatan Tambunan.

Selain dihadiri oleh ribuan keluarga besar LADN, juga turut dihadiri oleh Bupati Rokan Hilir, H Suyatno yang diwakili oleh Asisten I Rokan Hilir, Drs H Ferry H Paria Msi, camat Bagan Sinembah, Sakinah SSTP Msi, Lurah Bagan Batu Kota, Riwansyah Azhar SSTP dan Upika Bagan Sinembah. (Mas min)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar