Guncangan Gempa M 6,9 di Banggai Sulteng Terasa Kuat di Palu

Istimewa

JAKARTA/86 --- Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,9 terjadi di Sulawesi Tengah. Gempa itu terasa kuat selama 6 detik di Palu.

"Gempa terasa kuat di Kota Palu sekitar 6 detik. Masyarakat panik dan keluar dari rumah," kata Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Jumat (12/4/2019).

Selain itu, gempa juga terasa kuat di Kabupaten Luwu Timur. Gempa terasa sampai 4 detik. " Gempa berpotensi tsunami Kabupaten Morowali, (belum bisa dikontak). BMKG menyatakan gempa berpotensi tsunami dengan status peringatan Waspada," ujarnya.

Berdasarkan informasi dari situs BMKG, Jumat (12/4/2019), pusat gempa berada di 85 kilometer arah barat daya dari Banggai, Sulteng. Pusat gempa berada di koordinat 1,90 Lintang Selatan dan 122,54 Bujur Timur. Pusat gempa ada di kedalaman 10 km. Lokasi gempa di laut.

Warga Banggai Diminta Mengungsi

Gempa magnitudo 6,9 terjadi di Sulawesi Tengah berpotensi tsunami. Warga di dekat titik gempa, tepatnya di Kabupaten Banggai, diimbau mengungsi.

"Kalak (Kepala Pelaksana, red) BPBD Kabupaten Banggai telah mendapat rekomendasi dari BMKG setempat bahwa masyarakat di Kecamatan Toili diminta untuk mengungsi," ujar Kapusdatin dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Jumat (12/4/2019).

Sutopo menjelaskan, Kecamatan Toili merupakan daerah yang paling terdampak gempa. Potensi tsunami juga diprediksi di lokasi tersebut.

"Gempa terasa kuat di Banggai. Daerah yang berpotensi tsunami adalah di Kecamatan Toili," ucapnya.

Gempa tersebut terjadi pada pukul 18.40 WIB. Gempa berada di kedalaman 10 km. lokasi gempa berada di 1.90 LS,122.54 BT. (detik.com)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar