Diduga Akibat Arus Pendek, Dua Rumah Warga Ludes Dilalap Jago Merah

Istimewa

BAGAN BATU/86 --- Diduga akibat arus pendek, dua unit rumah di jalan Lintas Riau-Sumut KM 5 Dusun Bangun Rejo, Kepenghuluan Bahtera Makmur, Kecamatan Bagan Sinembah ludes dilalap jago merah.

Peristiwa tersebut terjadi pada Ahad (16/6/2019) petang sekira pukul 16.00 wib.

Informasi yang dihimpun di lokasi kejadian, api berawal dari rumah milik Riyanto (54) pemilik Doorsmeer yang juga usaha Laundry di rumah tersebut.

Angin yang berhembus pada sore itu sehingga mempercepat api menggelora hingga akhirnya, api merambat ke rumah tetangganya, Santoso alias Bejo (46).

Riyanto saat ditemui awak media meski tampak lesu mengatakan bahwa pada saat kejadian itu, ia sedang mencuci sepeda motor di Doorsmeer miliknya persis di depan rumah. Dan pada saat itu istri dan anak-anak nya sedang duduk-duduk di teras depan rumah.

Dimana, sebelum terjadi, Kwh listrik sempat jepret dan kemudian dinyalakan kembali. Usai dinyalakan kembali, Riyanto mengaku istrinya Siti Wardina yang pertama kali melihat kebakaran itu dan api terlihat sudah membesar dibagian atap di tengah rumahnya.

Beruntung, warga yang mengetahui langsung membantu membawa keluar barang-barang terutama pakaian Laundry usaha anaknya tersebut.

"Dan sepeda motor yang sempat dikeluarkan, pakaian dan isi rumah lainnya seperti 2 unit mesin cuci hangus terbakar, sebab api langsung menyebar dan membesar," terang Riyanto lirih.

Gito, tetangga korban yang rumah saudara kandungnya, Santoso alias Bejo (46) yang juga hangus terbakar mengatakan bahwa dalam waktu kurang lebih 15 menit, rumah tetangga dan rumah abangnya itu langsung ludes dilalap jago merah.

Beruntung, mobil dan sepeda motor milik abangnya berhasil diselamatkan. "Namun surat-surat berharga seperti BPKB Mobil dan sepeda motor serta surat tanah dan barang lainnya, tidak berhasil diselamatkan," terang Gito.

Sementara itu, kepala kantor Damkar Bagan Batu, Gunawan yang pada saat itu sudah tiba di lokasi bersama tim nya mengatakan bahwa mobil Damkar pada saat kejadian itu sedang berada di bengkel dan baru saja selesai servis, sehingga terjadi keterlambatan.

"Mobil yang satunya Jim (mati total, Red) dan yang satu ini baru saja selesai perbaiki kain klos," terang Gunawan.

Gunawan pun berharap kepada Pemkab Rokan Hilir agar menyediakan mobil baru agar jika terjadinya musibah kebakaran seperti yang baru sa terjadi, bisa segera diatasi.

Kapolsek Bagan Sinembah Kompol H Asmar yang dikonfirmasi melalui Kanit Reskrim Iptu Nur Rahim Sik menyampaikan bahwa penyebab terjadinya kebakaran diduga kuat dari hubungan arus pendek atau korsleting arus listrik.

"Dari hasil penyelidikan anggota di TKP, akibat hubungan arus pendek," ungkap Kanit.

Hingga berita ini diterbitkan, pihaknya belum menyimpulkan kerugian material yang dialami kedua korban. (Mas min)

 


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar