10 Hektare Lahan Gambut Terbakar, Koramil 04/Kubu Lakukan Pemadaman

Istimewa

KUBU/86 --- Kendati musim panas baru beberapa hari terjadi di sejumlah kawasan di kabupaten Rokan Hilir, namun kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) sudah muncul. Dan kali ini peristiwa karlahut itu ditemukan di wilayah Kecamatan Kubu sudah mulai terjadi.

Dan pada Selasa (25/6/2019) Danramil 04/Kubu, Kapten Inf Alfarisi bahkan langsung ikut turun ke lokasi untuk memimpin upaya pemadaman.

Kepada Riau86.com, Kapten Inf Alfarisi menerangkan, bahwa dalam proses pemadaman Karlahut itu dilakukan oleh 6 orang dari TNI termasuk Danramil dan 7 orang dari Kepolisian serta warga Masyarakat Peduli Api.

Yang mana lokasi Karlahut itu terjadi di Kepenghuluan Sei Gajah Kecamatan Kubu dengan titik kordinat N 2º 04217 E 100º 56328’ 7,7’’ m.

" Luas lahan yang terbakar sekira 10 hektare dengan jenis tanah gambut," ungkap Danramil.

Kendala pemadaman, selain jarak tempuh dari Koramil 04/Kubu lebih kurang 15 Kilometer, lanjut Alfarisi adalah angin berhembus cukup kemcang kategori sedang dan suhu cuaca sekira 36º C.

Proses pemadaman itu dilaksanakan dengan menggunakan mesin Robin 2 unit dan Cohler 1 unit. Sampai dengan detik ini, titik api dan asap masih ada di lokasi.

" Sejauh ini baru sekitar 4 Hektare yang sudah padam," jelasnya.

Oleh karenanya, melalui media ini Danramil tak bosan-bosannya terus mengimbau kepada warga masyarakat yang hendak membuka lahan agar tidak lagi dengan cara dibakar.

"Juga kepada warga yang melintas atau sedang mancing, agar tidak sembarangan membuang puntung rokok apalagi di jenis tanah gambut," imbaunya.

Ia pun berharap, titik api dan asap yang terjadi di Kepenghuluan Sei Gajah dapat segera diatasi. Tak lupa, Danramil mengucapkan terimakasih kepada Masyarakat Peduli Api yang ikut berjibaku padamkan Titik api tersebut.

"Juga terimakasih kepada Polsek Kubu atas sinergitas nya dengan TNI dalam upaya pemadaman Karlahut ini," ucapnya. (Mas min)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar