Cabai Merah Tembus Rp 100 Ribu Perkilo

Cabai merah
Loading...

BAGANBATU/86 --- Masyarakat sekitaran Bagan Batu, kecamatan Bagan Sinembah khususnya sejauh ini kembali mengeluhkan mahalnya harga cabai.

Di pusat pasar Pajak Baru Bagan Batu Kota, cabai merah kini sudah meroket hingga Rp. 100 ribu perkilogram. Padahal sebelumnya masih Rp 80 ribu perkilogram.

Sementara itu cabai rawit yang sebelumnya Rp 50 ribu perkilogram kini sudah menembus Rp 75 ribu. Cabai hijau juga mengalami kenaikan mencapai Rp 50 ribu perkilogram dari harga sebelumnya Rp 30 ribu perkilogram.

Kenaikan tersebut dikarenakan diduga adanya kelangkaan akibat gagal panen mengingat cuaca pada akhir-akhir ini cukup ekstrim, sehingga banyak tanaman cabai yang gagal panen.

Salah seorang pengunjung pasar Pajak Baru Bagan Batu Kota, Azizah (46) mengeluhkan akan mahalnya harga cabai. Padahal,  dalam keseharian keluarganya tidak pernah meninggalkan sambal.

“Kalau mau menjerit kita dengan kondisi saat sekarang ini. Kami ini sebagai emak-emak sangat terasa kalau harga bumbu daput naik, apa lagi cabai, sebab dirumah ini tidak ada gunanya makan kalau tidak pakai sambal, " kata Azizah kepada Riau86.com, Ahad (14/7/2019).

Untuk itulah, dirinya berharap harga cabai kembali normal, atau setidaknya pemerintah dalam hal ini dinas terkait memcari solusi atau menyediakan cabai seperti pasar murah yang sering diadakan.

“ Memang kita faham kalau banyak petani yang gagal panen karena cuaca juga sangat tidak bersahabat. Namun, jika memang pemerintah ada solusi itu jauh lebih bagus," kata Azizah lagi. (Mas min)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar