Kades Utan panjang Lestarikan Hutan Adat Pulau Rotan

Istimewa

BENGKALIS/86 -- Kerja dan program yang di buat Kepala Desa Utan Panjang, Kecamatan Rupat, Amran, ingin melestarikan hutan adat di Pulau Rotan sangat bagus.

Hutan Adat, di Pulau Rotan, yang berlokasi di Rt 10 Rw 05 Dusun 02 Desa Utan Panjang Kecamatan Rupat, yang berusia ratusan tahun ini, di tumbuhi bermcam kayu dan tanaman tua sangat alami.

Kepala Desa Utan Panjang, Amran, yang di jumpai Riau86.com, beberapa hari lalu, dirinya menceritakan, lokasi hutan adat di pulau rotan, memang sengaja di pelihara untuk dilestarikan kembali.

Karna, sejak zaman dahulu, utan adat pulau rotan sudah ada tersendiri, tempat warga suku akit mencari berbagai tumbuhan dan tanaman.

Seperti mencari rotan, buah asam gelugur, buah asam kandis, buah asam paya atau buah asam kuibi, kayu meranti, getah sonde, serta masih banyak keperluan lainnya.

Untuk itu, Kepala desa Utan Panjang, akan berusaha untuk membangkitkan kembali hutan adat di wisata pulau rotan dengan cara membangun jalan  keliling.

" Saat ini kita sudah bangun infrastruktur, semoga saja dapat bantuan dari dinas yang terkait di Kabupaten bengkalis," harap Amran.

Masih kata Amran, dalam hutan adat wisata pulau rotan, juga akan di bangun gedung balai kesian, yang besar, untuk pelatihan semua tarian.

Selain  itu, semua pusat kegiatan kesenian, akat di pusatkan dalam hutan adat wisata pulau rotan. " Selesai di tata ruang dalamnya akan kita bangun gedung kesenian, untuk itu saat kita sedang melakukan perbaikan demi perbaikan infrastruktur," kata Amran. (Bang Andi)
 


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar