Mahasiswa KKN UR Ciptakan Buah Kedabu Jadi Sirup

Istimewa
Loading...

BENGKALIS/86 --- Mahasiswa yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Riau (UNRI) menciptakan buah Kedabu jadi minuman khusus.

Penyuluhan buah kedabu dengan cara diubah menjadi sirup, selai dan juga permen, sudah bisa dikonsumsi oleh masyarakat Desa Kelemantan Barat, Kecamatan Bengkalis.

Kenapa buah kedabu dibuat sirup, selau, dan permen, karna buah kerabu merupakan buah yang paling banyak ditemukan di pesisir Desa Kecamatan Barat, Kecamatan Bengkalis.

Seperti yang diungkapkan Kordinator Desa (Kordes) KKN UNRI, Yusuf, dirinya menyebutkan, yang banyak ditemukan didesa kelemantan mahasiswa kkn unri dikelemantan barat.

"Dengan inovasi dan kreativitas melakukan cara pengolahan buah kedabu. Buah ini diubah menjadi panganan seperti selai sirup dan permen yang semuanya berasal dari buah kedabu," kata Yusuf.

Masih kata Yusuf, antusiasme warga sangat banyak dan fanatik untuk melihat penyuluhan tersebut. Itu akan dikembangkan untuk kedepannya supaya masyarakat yang ada di Desa Kelemantan bisa meningkatkan ekonominya.

"Kita berharap kepada masyarakat Desa Kelemahan Barat, memanfaatkan buah kedabu untuk meningkatkan ekonomi nya, pasalnya buah kedabu yang ada di desa kelemantan barat, sangat mudah didapakan," kata Yusuf.

Sementara itu, Kepala Desa Kecamatan Barat, Sabahar, yang di temui di ruangannya membenarkan hal tersebut.

Buah kedabu yang ada di pesisir kampung atau di laut dekat hutan mangrove, sangat banyak ditemukan, untuk itu dirinya mengimbau kepada masyarakat agar dapat memampaatnya.

" Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata sudah memberikan penyuluhan. tinggal masyarakat nya nanti yang melanjutkan pembuatan sirup, selai, dan permen dari buah kedabu. Di Desa Kelemantan ini kata  banyak bahan pokoknya untuk menbuatnya," ajak Sabahar. (Bang Andi)

 


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar