Mahasiswa Kukerta UR Bantu Ciptakan  Makanan Khas Desa Sukamaju

Istimewa
Loading...

BENGKALIS/86 -- Mahasiswa Kukerta Universitas Riau Desa Sukamaju ikut serta dalam menciptakan ide membuat makanan Khas Desa Sukamaju, Kecamatan Bantan.

Makanan yang di buat dari kelapa, menjadi keripik yang renyah dan enak dimakan dimana saja, keripik Kelapa merupakan makanan yang sudah dikukuhkan menjadi makanan khas Desa Sukamaju, kecamatan Bantan.

Seperti yang diketahui bahwa didaerah gambut khususnya Desa Sukamaju-Bantan didominasi dengan pohon kelapa. 

Oleh karena itu, ibu-ibu PKK Desa Sukamaju berkolaborasi dengan mahasiswa/i Kukerta Universitas Riau 2019. Untuk itu,  terjalin kesepakatan untuk mengolah kelapa menjadi makanan khas Desa Sukamaju.

Pengolahan kelapa menjadi keripik pada tanggal 7 Juli 2019 mahasiswa/i kukerta UNRI 2019 bersama ibu-ibu PKK Desa Sukamaju mencoba mengolah kelapa beserta bahan-bahan lainnya.

Selain kelapa, bahan tersebut juga ditambah seperti tepung terigu, tepung tapioka, telur, dan bahan lainnya menjadi cemilan keripik kelapa.

Selanjutnya, masing-masing masyarakat Desa Sukamaju mempraktikkan olahan keripik kelapa ini dirumah masing-masing.

“Alhamdullilah, keripik kelapa ini mendapat respon yang baik dari Kepala Desa Sukamaju Bapak Sukarni dan Dinas Ketahanan Pangan Bengkalis, keripik kelapa ini juga menjadi salah satu cemilan yang ditampilkan pada saat lomba memasak ibu-ibu PKK se-kecamatan Bantan dan mendapat juara 1 se-kecamatan Bantan,” ujar Muntama selaku tim penggerak PKK Desa Sukamaju.

Sementara itu, kordinator desa, (kordes)  Winggi Arafanaldy,  menyebutkan,  keripik kelapa mendapat respon yang baik dari Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bangkalis.

"Mengingat kelapa merupakan salah satu pohon yang mendominasi di kabupaten Bengkalis. Keripik kelapa  khas desa Sukamaju ini sudah mencapai tahap uji coba oleh DKP untuk diketahui tingkat ketahanan produk keripik Kelapa ini. DKP juga meminta ibu-ibu PKK untuk membuat variasi rasa pada produk keripik kelapa," terang Winggi. (Bang Andi)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar