Tahun Baru Islam Warga Suka Maju Gelar Syukuran

Istimewa
Loading...

BENGKALIS/86 --- Warga masyarakat yang ada di Desa Suka Maju, Kecamatan Bantan, menggelar sukuran dalam rangka tahun baru Islam yang 1441 Hijriah.

Acara tersebut dilaksanakan di rumah salah satu warga Desa Suka Maju, Minggu (1/9) malam selepas Shalat Isya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Desa Teluk Pambang, M Ali bersama staf dan masyarakatnya, Kepala Desa Suka Maju, Sukarani, Ketua BPD Suka Maju, Iskandar. Tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, perangkat desa, serta ratusan masyarakat yang di desa Suka Maju.

Kepala Desa Suka Maju, Sukarni yang di temui wartawan Riau86.com, dirinya menyebutkan, acara syukuran dalam rangka tahun baru Islam sudah selalu dilakukan oleh masyarakat setempat.

Acara syukuran, dan dilanjutkan dengan doa bersama untuk para pejuang kampung yang sudah tiada dilakukan sejak desa induk dulu.

" Saat tahun baru Islam, atau tahun baru Hijriah, warga kita mulai dari desa induk dulu, yakni Desa Teluk Pambang. Jadi yang ada sekarang ini hanya melanjutkan saja, supaya tradisi turun temurun ini tidak hilang," kata Sukarni.

Dalam acara sukuran atau doa bersama, warga setempat bergilir dan dilaksanakan di rumah warga yang ada di Desa Suka Maju, hal ini bukan saja di hadiri oleh umat muslim.

Melainkan tokoh masyarakat suku asli, atau peranakan juga Uli Kuy hadir dalam acara tersebut, hal itu dilakukan mengingat kebersamaan antar suku dan antar agama di Desa suka Maju sangat kuat.

" Acara syukuran dalam rangka tahun baru islam itu bukan masyarakat islam saja yang mengikutinya, melainkan dari suku asli juga hadir dalam acara tersebut," papar Sukarni.

Sementara itu tokoh masyarakat suku asli, Kabit misalnya, dirinya menyebutkan, acara syukuran hari besar Islam itu warga suku asli setempat selalu hadir. Bukan di desa Suka Maju saja, melainkan desa tetangga juga suku asli dapat undangan dari para yang mengadakan syukuran.

"Kalau kita suku asli kemana saja di undang kalau ada acara hari besar Islam. Dalam kesempatan ini, saya selalu tokoh masyarakat suku asli, mengajak semua suku asli, agar selalu tampil dalam berbagai acara yang diadakan oleh orang islam tidak sendiri" ajak Kabit. (Bang Andi)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar