Sekda Rohil Bilang Reformasi Total Koperasi Bakal Dimulai

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hilir, Drs H Surya Arfan, MSi menyerahkan piagam kepada Camat Pekaitan Taryono sebagai Camat yang peduli Koperasi dalam peringatan HUT Koperasi ke 72 di Gedung Misran Rais, Bagansiapiapi, Selasa (26/9/19).
Loading...

BAGANSIAPIAPI/86 - Tahun ini Pemerintah Pusat akan melakukan reformasi total terhadap koperasi. Hal itu terkuak dalam Peringatan Hari Koperasi ke 72 tahun 2019 di Gedung Misran Rais, Bagansiapiapi, Kamis (26/9/19).

“Ya, reformasi total bakal dimulai dari kelembagaan. Sehingga koperasi bertambah maju dan berkembang pesat,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hilir, Drs H Surya Arfan, MSi disela sambutan.

Ia menjabarkan, bahwa kelembangaan yang dimaksud yakni mulao dari pengurus, karyawan, anggota, dan manajemen. Paling penting wajib melakukan rapat tahunan anggota (RAT).

“Kita akan kuatkan supaya profesional mengelola koperasi. Karena di Rohil hanya 311 koperasi yang aktif,” pintanya.

Untuk meningkatkan SDM, pihak Dinas Koperasi dan UMKM harus terus melakukan pelatihan. Melalui kegiatan itu, para pengelola diharapkan mengetahui prinsip-prinsip koperasi, idealisme koperasi, dan membentuk jati diri koperasi.

Selain revitaliasi kelembagaan dan sumber daya manusia (SDM), produk koperasi harus berkualitas dan bersertifikat sehingga layak jual dan memiliki nilai tambah. Caranya, melakukan pendampingan dan pelatihan terhadap koperasi berproduksi.

“Baik di sektor keaungan maupun sektor real-nya,” paparnya.

Hal senada juga disampaikan, Kepala Dinas Koperasi dan UMKN Drs H Wazirwan Yunus, MSi. Bahwa secara global koperasi yang aktif di Rohil sebanyak 311.

“Ya untuk tahun ini ada lima koperasi yang berprestasi di Rohil. Besar harapan kita kedepan koperasi semakin berkembang pesat,” kata Wazirwan berharap. (BangDodi)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar