17 Wartawan, Pelajar dan Guru Ikut Penyuluhan Bahasa Indonesia di Rohil

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Budiman ST menerima cendramata sari Balai Bahasa dalam agenda Balai Bahasa Provinsi Riau menggelar penyuluhan bahasa Indonesia bagi Insan Pers di Kota Bagansiapiapi, Kamis (3/10/19).
Loading...

BAGANSIAPIAPI/86 - Sebanyak 17 wartawan dari berbagai media cetak dan online, pelajar dan guru di Kota Bagansiapiapi mengikuti penyuluhan Bahasa Indonesia bagi Insan Media Masaa di Hotel Grand, Kota Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir, Kamis (3/10/19).

Penyuluhan Bahasa Indonesia dibuka langsung oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Rohil, Budiman ST. Kegiatan penyuluhan bahasa Indonesia bagi insan pers dikuti 50 peserta baik wartawan, pelajar dan guru.

Dalam sambutan Kepala Balai TU Bahasa Riau, Zihamusolihin mengatakan, bahwa wartawan merupakan ujung tombak dari media massa, untuk itulah wartawan harus menyajikan berita dengan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan kamus besar Bahasa Indonesia.

Dirinya mengingatkan, agar jangan melupakan kamus Bahasa Indonesia agar tidak terjadi kesalahan dalam penulisan berita.

"Dalam menulis berita, Wartawan harus mampu menyusun kata-kata dengan baik dan benar dan mudah dimengerti oleh pembaca. Jangan sampai ejaan yang ditulis kedalam berita salah dan tidak sesuai dengan kamus Bahasa Indonesia," pesannya.

Lanjutnya, bila mau bagus dalam pengejaan kalimat gunakan uji kelayakan berbahasa indonesia (UKBI). Karena penggunaan bahasa yang baik dalam moto disebutkan utamakan bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah dan tertibkan bahasa asing.

Sementara, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Rohil, Budiman ST mengutarakan hal senada. Diakuinya, dengan adanya penyuluhan ini, tentunya akan menambah ilmu dan wawasan para wartawan yang ada di Rohil untuk menyajikan berita yang sesuai dengan kaidah-kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

“Besar harapan saya rekan-rekan wartawan bisa menjaga bahasa. Dan dapat mengimplesentasikan dalam kegiatan sehari-hari dalam penulisan berita. Semoga ilmunya bermanfaat untuk kita semua," kata Budiman seraya berharap. (BangDodi)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar