Bupati Rohil Dodos Sawit yang Ditanam Presiden RI di Bagan Sinembah

Bupati Rokan Hilir, H Suyatno melakukan dodos perdana sawit yang ditanam Presiden RI Joko Widodo di Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir, Selasa (22/10/19).

BAGAN SINEMBAH/86 - Bupati Rokan Hilir, H Suyatno melakukan dodos perdana sawit yang ditanam Presiden RI Joko Widodo di Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir, Selasa (22/10/19). Sawit ini merupakan Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) progran Pemerintah Pusat dicanangkan Jokowi.

"Hari ini saya bersama dengan Kepala Dinas Perkebunan dan Apkasindo serta Upika Bagan Sinembah kembali meninjau langsung sawit hasil dari program PSR yang ditanam langsung oleh bapak presiden Jokowi beberapa waktu lalu.,” kata Bupati.

Menurut keterangan dari Ketua Apkasindo Tommy, bahwa yang di lakukan adalah Kastrasi yang bertujuan membuang bunga yang menjadi buah pasir dengan tujuan untuk mempercepat pertumbuhan batang dan daun.

"Umurnya baru lebih kurang satu tahun lima bulan. Ahamdulillah udah bisa dodos. Ini bibit nya sangat unggul dan bagus sekali, " pujinya.

Tanaman sawit tersebut juga sudah dipantau langsung oleh pihak kementerian. Semoga kedepannya perkembangan sawit di Rokan Hilir khususnya di Bagan Sinembah ini dapat semakin bagus. Sehingga bisa kembali mendapatkan perhatian dari Pemerintah Pusat.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Rokan Hilir, drh Isa Ahmadi menambahkan bahwa Kastrasi tersebut dilakukan untuk menekan pertumbuhan generative dan merangsang pertumbuhan vegetatif. Selain itu kastrasi sangat berguna bagi tanaman yaitu memutus siklus hama tandan, seragamnya berat tandan, mempercepat pertumbuhan batang atau pokok KS.

Saat panen dilakukan, TBS yang dihasilkan telah mencapai berat standar PKS. Mengurangi kelembapan pada tanaman yang dapat memicu tumbuhnya jamur parasit. Dan Kastrasi ini dilakukan saat pokok kelapa sawit mulai menghasil bunga/buah pada umur 18 bulan.

"Kastrasi dilakukan sebanyak 3 rotasi dengan interval 2 bulan. Maka kastrasi dilakukan pada umur tanaman 18, 20 dan 22 bulan, " kata Isa mengakhiri. (BangDodi)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar