Peringati Sumpah Pemuda, Bupati Rohil Minta Pemuda Bersatu

Bupati Rohil H Suyatno menjadi Inspektur Upacara Hari Sumpah Pemuda ke 91 dihalamaj BPKAD Rohil, Senin (28/10/10$
Loading...

BAGANSIAPIAPI/86 - Bupati Rokan Hilir H Suyatno meminta kepada generasi muda untuk bersatu. Hal itu disampaikan saat menjadi Inspektur Upacara bendera peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 di halaman kantor BPKAD Rohil, Senin (28/10/19).

Dalam sambutannya Menteri mengatakan, seluruh masyarakat berhutang budi kepada para pemuda yang tahun 1928 yang telah mendelarasikan sumpah pemuda, pelopor pemuda untuk membangun kesadaran bangsa Indonesia.

Peringatan Hari Sumpah pemuda ke-91 ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Tema besar ini diambil atas dasar pentingnya bersatunya kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang mampu berkiprah pada zamannya, merawat kebhinekaan dan tetap teguh mempertahankan NKRI.

“Ini komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini. Komitmen kebangsaan ini harus diteladani untuk membangun bangsa dan mempersatukan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Dikatakan, pesatnya perkembangan teknologi informasi, ibarat dua mata pisau. Satu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi, sehingga memungkinkan para pemuda meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam peningkatan sumber daya serta daya saing. “Namun pada posisi lain, perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari hoaks, hate speech (ujaran kebencian), pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudah,” tambahnya.

Ia mengungkapkan, revolusi mental yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo sangat relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju. Menurutnya, ciri pemuda yang maju adalah pemuda berkarater, berkapasitas dan berdaya saing. Oleh karena itu, revolusi mental harus jadikan sebagai pemicu untuk mempercepat terwujudnya bangsa yang hebat.

Maka dari itu, Menteri berharap dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 ini para pemuda dapat selalu menghormati jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan. (BangDodi)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar