Bupati Ingatkan Masyarakat Tetap Waspada

Per 23 Maret 2020, 216 Berstatus ODP di Rohil

Bupati Rohil H Suyatno cek suhu badan

BAGANSIAPIAPI/86 - Untuk data terkait penanganan Virus Corona atau Covid 19 di Kabupaten Rokan Hilir. Terdapat sebanyak 216 orang per tanggal 23 maret 2020 dengan status ODP di Rohil.

“Hal ini masih dilakukan mitigasi dan pengawasan oleh gugus tugas terkait. Ada fluktuasi dari data jumlah tersebut karena banyak juga yang telah dinyatakan sehat dari kategori ODP. Dan untuk suspect bahkan positive masih nihil,” kata Bupati H Suyatno yang didampingi Plt Kadis Kominfotik Hermanto S.sos serta Kasubbag DokPim Hasnul Yamin SE kepada wartawan, Rabu (25/3/2020).

Bupati menjabarkan, bahwa saat ini Pemkab Rohil melalui gugus tugasnya juga masih konsentrasi akan ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD). APD ini untuk petugas garis depan bila terjadi suspect kasus covid 19. Harapannya nanti alat ini bisa mengamankan petugas dilapangan dari hal yg tidak kita inginkan.

Oleh karena itu, masyarakat diminta tetap waspada dan tidak panik menghadapi ini sambil tetap berdoa. Hindari keluar rumah atau berkumpul yang tidak perlu.

“Sayangi keluarga, terutama kepada anak kita yang sekolahnya diliburkan untuk melakukan kegiatan yang positif dirumah. Dan tidak berkeliaran apalagi ke warnet. Mudahan kita semua bisa bersama memerangi virus corona ini,” pinta Bupati.

Disamping itu juga, setakad ini masing-masing gugus tugas sedang bekerja maksimal untuk melakukan deteksi, pencegahan dan pengawasan ditiap kecamatan.

Gugus tugas dalam menghadapi bencana covid 19 atau virus corona yang terdiri dari Forkopimda beserta jajaran serta para OPD dilingkungan Pemerintah Daerah. Hal ini diharapkan agar semuanya dapat berjalan dengan baik dalam penanganan dan tindak lanjut sesuai dengan gugus tugasnya masing-masing.

Seperti pengawasan terhadap pintu masuk dari luar daerah termasuk jalur jalur pelabuhan kecil yang dikuatirkan sebagai pintu masuk ilegal. Pemeriksaan terhadap orang yang masuk ke Rohil melalui jalan lintas darat serta sosialisasi oleh masing masing perangkat kecamatan maupun puskesmas yg ada.

Harapannya bisa meminimalisir kondisi yang tidak diinginkan tapi dengan cara tidak menimbulkan kepanikan dikalangan masyarakat. Covid 19 atau virus corona memang membahayakan tapi bila tidak disiplin pada diri sendiri terutama dimulai dengan keluarga.

Dapat diinformasikan juga bahwa seseorang dikategorikan dengan status ODP (Orang dalam pengawasan) bila mempunyai gejala seperti demam panas, batuk serta mempunyai riwayat perjalanan dari daerah yang termasuk pandemi virus corona tapi dianjurkan isolasi mandiri dirumah. Selanjutnya PDP pasien dengan pengawasan) adalah tahap selanjutnya bila tidak ada kesembuhan dari kategori ODP dan ini dirujuk ke Rumah sakit yang telah ditentukan.

Khusus di Rohil ada tiga Rumah Sakit rujukan penanganan Virus covid 19 yaitu RSUD Dr Pratomo di Bagansiapiapi, Rumah Sakit Cahaya di Ujung Tanjung dan Rumah Sakit Indah di Bagan Sinembah. (BangDodi)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar