Tim Ketahanan Pangan DPW PKS Riau Gelar Penyuluhan Pertanian Online Rutin

Tim Ketahanan Pangan DPW PKS Riau Gelar Penyuluhan Pertanian Online Rutin
Loading...

PEKANBARU/86 – Dalam rangka menguatkan Gerakan #AyoMenanam Bersama PKS, Tim Ketahanan Pangan DPW PKS Riau menggelar penyuluhan secara online perdana di Kantor DPW PKS Riau, Senin (27/4/2020).

Ketua Tim Ketahanan Pangan PKS Riau Seto Hendratno, mengatakan bahwa skil dasar yang harus dimiliki manusia adalah mampu menyiapkan bahan pangan minimal untuk dirinya sendiri.

“Apalagi di tengah kondisi wabah seperti sekarang (Covid-19), sambil memanfaatkan waktu di rumah, kita bisa gunakan untuk mulai bercocok tanam di perkarangan,” tutur Seto Hendratno.

Acara yang dimoderatori Jaswandi salah satu tim ketahanan pangan itu mengundang seorang pakar penyuluh pertanian yaitu bapak Nasihin.

Materi pada penyuluhan online perdana ini ialah tentang ‘menyiapkan media tanam dan pembibitan’.

Dalam pemaparannya, Nasihin mengatakan ada tiga bahan yang wajib disiapkan saat akan menanam dalam hal ini untuk skala rumah tangga. Diantaranya adalah Tanah hitam atau top soil, kotoran hewan dan sekam.

“Perbandingannya 3:1:1, lebih bagus kalau 1:1:1. Jika bahan ini terpenuhi, sayuran apapun yang kita tanam insyaAllah jadi,” paparnya menjelaskan.

“Jika tanaman perdana berhasil, maka ini akan menjadi motivasi kita untuk menanam selanjutnya. Pengalaman saya, masyarakat itu kalau diawal menanam sudah gagal, maka untuk selanjutnya gak punya semangat lagi,” ungkapnya lebih lanjut.

Mengapa gagal ?, Nasihin menjelaskan biasanya dipengaruhi faktor media tanam yang tidak baik.

“Jadi bukan sekedar menanam, tapi bagaimana bisa berhasil sampai panen,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, para pemirsa yang menyaksikan live streaming dari chanel youtube PKS TV Riau juga bisa mengajukan pertanyaan melalui kolom komentar, yang kemudian akan langsung dijawab oleh narasumber.

Acara ini akan digelar secara rutin setiap hari ahad. Teknis pelatihannya kedepannya juga akan ada langsung turun kelapangan. Misalnya merivew penggiat urban farming dan lainnya. (BangDodi)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar