ICMI Rohil akan Bukukan Bagansiapiapi Tempo Doeloe

Ketua Bagansiapiapi Tempo Doeloe, Rio Almusata bersama Ketua ICMI Rohil, dr.H.Suratmin, M.ked ( Ped) ,Sp.A
Loading...

BAGANSIAPIAPI/86 - Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kabupaten Rokan Hilir berencana akan membuat buku Bagansiapiapi Tempo Doeloe. Pasalnya, saat ini segala bentuk referensi akan dikumpul menjadi satu.

“Ya, kita ada wacana akan bukukan Bagansiapiapi Tempo Doeloe. Segala bentuk referensi bisa menjadi acuan sebagai penunjang,” kaya Ketua ICMI Kabupaten Rokan Hilir, dr.H.Suratmin, M.ked ( Ped) ,Sp.A, kepada Riau86.Com, Kamis (25/6/2020).

Ia menguraikan, bahwa zaman digital saat ini bisa melihat masa lalu. Apa saja cerita - cerita pada zaman dulu bisa diketahui dan juga memberikan edukasi.

Apalagi kondisi Bagansiapiapi masa silam terkenal dengan penghasil ikan terbesar dunia. Dan Pemerintahan di pegang oleh Hindia tentunya ini sangat menarik dalam keberagaman.

Di Rohil banyak suku, ras, dan golongan. Apalagi etnis Tionghoa, sudah lama ada di Bagansiapiapiapi, tentu ada cerita sendirinya yang perlu nanti dijabarkan dan sikap tenggang rasa lebih dijunjungkan.

Masyarakat hidup dengan damai dan tentram. Sepwrti yang di Katakan oleh Ustadz Abdul Somad bila mau lihat kerukunan datanglah ke Bagansiapiapi.

Sementara itu, Ketua Bagansiapiapi Tempo Doeloe, Rio almusata, S.Sos menambahkan, akan siap mencari dan mengumpulkan berbagai referensi tentang Bagansiapiapi tempo dulu. Masih banyak bukti sejarah yang belum didapatkan.

“Saat ini kita selalu berburu foto Bagansiapiapi. Mulai dari membongkar album lama sampai berselancar di dunia maya. Memang banyak arsip Bagasiapiapi di museum Leiden Belanda, “ kata Rio mengungkapkan. (BangDodi)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar