Kampanyekan Pengurangan Sampah Plastik

Rafli dan Maia Touring dari Jogja Menuju Sabang

Rafli dan Maia melakukan Touring dari Jogja menuju Sabang dan singah di Kota Pekanbaru, Riau, Senin (23/11/2020)
Loading...

PEKANBARU/86 - Mengunakan Sepeda Derigen, Rafli dan Maia melakukan Touring dari Jogja menuju Sabang. Hal ini dilakukan guna mengkampanyekan pengurangan sampah plastik di Indonesia.

Diawali dari hobby berkeliling dunia dengan cara Backpacker-an, Rafli dan Maia bertemu dengan tidak sengaja. Rafli yang berkebangsaan Indonesia dan Maia berkebangsaan Spanyol bertemu di Malaysia. Dari awal pertemuan tersebut, kedua sahabat ini berencana untuk melakukan perjalanan dari Jogjakarta menuju Sabang Aceh.

Persiapan dan perencanaan perjalanan menggunakan sepeda ini boleh dibilang sangat mendadak. Rafli mulai start dari kediamanya di Cimahi gowes menuju Jogjakarta, dan dari Jogjakarta Rafli dan Maia mulai start melewati kota-kota besar di Pulau Jawa via jalur Pantura, hingga ke Merak dan menyebrang menggunakan Kapal Ferry menuju Bakauheni Sumatera.

Adalun sepeda yang digunakan adalah sepeda jenis MTB yang sedikit dimodifikasi menjadi semi Touring. Perjalanan dari Bakauheni di lanjutkan menuju Lampung, Sumatera Selatan, Jambi dan tiba di Pekanbaru, Senin 23 November 2020 yang disambut oleh Komunitas Sepeda Federal Pekanbaru untuk selanjutnya menuju Dapur Dwikora sambil melepas lelah dengan membuat barang kerajinan dari limbah plastik.

“Ya, untuk biaya perjalanan ini boleh dikatakan murah, karena sudah tentu memangkas biaya BBM, Penginapan. Penginapan menggunakan Tenda, meskipun sesekali menginap di penginapan low cost,” kata Rafli dan Maia kepada Riau86.Com, Rabu (25/11/2020).

Sesuai rencana, akhir pekan ini, Sabtu (28/11/2020) Rafli dan Maia akan melanjutkan perjalanan dari Pekanbaru menuju Sabang. Misi dari touring sepeda ini adalah “Zero Waste Gowes” atau Gowes tanpa limbah, kepedulian terhadap limbah plastic.

Semua dibuktikan dengan menggunakan deringan bekas yang digantungkan pada sepeda sebagai pengganti pannier bag untuk membawa barang keperluan di perjalanan. “Mari kita seksama mengurangi limbah plastik untuk kelestarian bumi,” kata Rafli dan Maia sembari mengingatkan. (BangJoe)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar