Wabup Lantik 9 Kepala Desa di Rokan Hilir

Wakil Bupati Rokan Hilir, H Djamiluddin, melantik 9 Kepala Desa terpilih di Gedung Misran Rais, Bagansiapiapi, Kamis (21/01/2021).
Loading...

BAGANSIAPIAPI/86 - Wakil Bupati Rokan Hilir, H Djamiluddin, melantik 9 Kepala Desa terpilih di Gedung Misran Rais, Bagansiapiapi, Kamis (21/01/2021). Orang nomor dua Rohil mengucapkan rasa terimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah ikut berpartisipasi dalam mensukseskan Pilkades serentak.

“Tanpa dukungan dan partisipasi dari masyarakat, tentunya kegiatan Pilkades serentak kemarin dan termasuk pelantikan Kepala Desa saat ini tidak akan terlaksana dengan baik,” ujar Wabup disela sambutan.

Ia menjelaskan bahwa, Pemerintah Desa merupakan bagian dari Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Kecamatan merupakan bagian dari Pemerintah Kabupaten. Karena itu, pengertiannya adalah, seluruh peraturan dan kebijakan yang diterbitkan dan dijalankan oleh Pemerintah Desa tidak boleh bertentangan dan harus sejalan dengan Pemerintah Kecamatan maupun Pemerintah Kabupaten.

Diminta kepada Kepala Desa yang baru dilantik untuk benar – benar menjalankan anggarannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selain itu, Kepala Desa harus bisa memanfaatkan dana yang diberikan melalui Dana Desa maupun Alokasi Dana Desa untuk kemakmuran masyarakat di Desa masing – masing sesuai dengan kebutuhan yang telah ditetapkan.

Ia juga mengingatkan, kepada Kepala Desa yang terpilih jangan serta merta untuk menggantikan perangkatnya, kecuali sifatnya prinsip. Karena hal ini bisa menganggu pertanggungjawaban Administrasi Desa.

“Selain itu, Kades yang baru harus lebih teliti dalam pengelolaan keuangan Desa. Karena didalam pengelolaan keuangan Desa harus transparan dan tertib,” pintanya.

Dalam kesempatan itu, Wabup menguraikan bahwa, tugas seorang Kepala Desa yang baru dilantik itu sangat berat. Oleh karena itu, niatkanlah dalam hati secara tulus sebagai pemimpin dan abdi masyarakat untuk berbuat yang terbaik.

“Ciptakan mekanisme Pemerintahan Desa yang Demokratis dan Transparan. Karena Kepala Desa ujung tombak Pemerintah , mulai dari Kecamatan hingga ke Kabupaten,” kata Wabup mengakhiri. (BangDodi)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar