Rohil Bakal Dapat Dana Food Estate Rp.1,4 Triliun

Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam jamuan makan malam dengan pengurus PWI Riau dan Rohil di Mess Pemkab Rohil, belum lama ini
Loading...

BAGANSIAPIAPI/86 -Angin segar bagi pembangunan kawasan gambut Rokan Hilir menunjang ketahanan pangan. Dana segar sebesar Rp1,4 triliun bakal digelontorkan dari Kementerian Pertahanan, terutama infrastruktur pertanian, peternakan dan perkebunan dalam program food estate.

“Ada dana yang akan masuk ke Rohil sebesar Rp.1,4 T. Ini suatu hal sangat mengembirakan,” ujar Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong dalam jamuan makan malam dengan jajawan PWI Riau dan PWI Rohil, belum lama ini.

Orang nomor satu Rohil, sama sekali belum merinci pola seperti apa yang akan diterapkan dalam food estate tersebut. Namun dia sedikit memberi bocoran, kalau dana tersebut diperuntukkan bagi infratruktur menunjang pertanian, peternakan dan perkebunan .

Terkait hal itu, Dandim 0321 Rokan Hilir, Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi, SIP, M.I.Pol membenarkan rencana dana food estate untuk Rohil tersebut. Ketika makan bersama dengan jajaran PWI di kolam ikan sekitar Makodim 0321 Rokan Hilir.

Dandim juga menyambut baik. Dana tersebut menurutnya untuk menunjang ketahanan pangan, baik pertanian, perkebunan bahkan peternakan.

Food estate sesuai yang dilansir indonesia.go.id merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan di suatu kawasan. Lokasi lumbung pangan baru ini direncanakan berada di Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Food Estate ini akan menjadi salah satu Program Strategis Nasional (PSN) 2020-2024. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menuturkan, terdapat lahan potensial seluas 165.000 hektare yang merupakan kawasan aluvial, bukan gambut, pada lahan eks-Pengembangan Lahan Gambut (PLG) di Kalteng. (BangDodi)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar