Rapat Paripurna Istiemwa DPRD Rohil dalam rangka Peringati Hari Jadi ke 22 Kabupaten Rokan Hilir

Afrizal Sintong Ajak Semua Elemen Bangun Kampung Halaman

Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong mengajak seluruh elemen masyarakat untuk seksama meningkatkan pembangunan kampung halaman dalam Rapat Paripurna Istiemwa DPRD Rohil dalam rangka Peringati Hari Jadi ke 22 Kabupaten Rokan Hilir di Aula Kantor DPRD Rohil,
Loading...

BAGANSIAPIAPI/86 - Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong mengajak seluruh elemen masyarakat untuk seksama meningkatkan pembangunan kampung halaman. Hal ini terkuak di Paripurna Istiemwa DPRD Rohil dalam rangka Peringati Hari Jadi ke 22 Kabupaten Rokan Hilir di Aula Kantor DPRD Rohil, Senin (4/10/2021).

“Sebagai penerus perjuangan bangsa, dan pembangunan Rohil, hendaknya menjadikan nilai-nilai dan semangat dari suatu perjuangan tersebut. Ini sebagai motivasi dan orientasi kita didalam melaksanakan pembangunan,” kata Orang nomor satu Rohil disela sambutan.

Bupati menguraikan, bahwa nilai dan semangat dimaksud adalah terbangunnya nilai kebersamaan, mau bekerja keras, kerelaan berkorban untuk kepentingan yang lebih besar serta keiklasan untuk berbuat yang terbaik. Sejalan dengan nilai dan semangat tersebut diatas, maka tema yang di hari jadi Rohil ke 22 tahun 2021 ini, adalah; “Bekerja Bersama untuk Rokan Hilir yang Lebih Baik”.

Dengan Tema diatas, diharapkan dapat menggugah kita, untuk dapat melahirkan jiwa dan semangat baru, dalam melaksanakan pembangunan, guna terwujudnya daerah dan masyarakat Rohil yang lebih maju dan sejahtera.

​Kabupaten Rokan Hilir saat ini telah berusia 22 (dua puluh dua ) tahun, struktur pemerintahannya terdiri dari 18 Kecamatan dan 194 Kepenghuluan dan Kelurahan.
Sejalan dengan perkembangan kabupaten Rokan Hilir saat ini, kita masih dihadapkan dengan berbagai permasalahan pokok yang menjadi tantangan dalam pembangunan kedepan, yang antara lain yakni masih terbatasnya infrastruktur yang saat ini belum sepenuhnya menjangkau berbagai wilayah, terutama pada koridor pesisir.

Sehingga untuk menjangkau wilayah tersebut masih harus menggunakan sarana transportasi laut, yang tergantung dengan kondisi alam. Termasuk masih rendahnya kualitas sumber daya manusia (SDM). Semua itu dikerenakan masih kurang tenaga guru, dan penyebarannya yang relatif belum merata. Serta rendahnya derajat kesehatan dan kualitas hidup masyarakat. Dan mengenai angka penduduk miskin yang relatif masih tinggi, terutama masyarakat yang bermukim di pesisir pantai Sungai rokan dan Selat Malaka. Begitu juga dengan belum optimalnya penyelenggaraan tata kelolaan Pemerintahan yang baik, efektif dan efesien.

​Berdasarkan beberapa isu diatas, maka telah dirumuskan misi pembangunan Rohil tahun 2021 – 2026, adalah : “Menuju Rokn Hilir yang Maju, Relegius dan Berbudaya, Berbasis Infrastruktur dan Perekonomian yang Handal tahun 2026”, yang akan diwujudkan melalui Visi Rohil.

Ada viso dan misi Rohil diantaranya adalah mewujudkan aksebikitas dan konektivitas Infrastruktur antar Wilayah untuk mewujudkan pemerataan pembangunan di Rohil. Meningkatkan SDM yang Ungul, Berbudaya dan Berdaya Saing dengan Berbasis Nilai-nilai Religi. Meningkatkan Mutu dan Layanan Kesehatan yang Berkualitas kepada Masyarakat Rokan Hilir. Memajukan Sektor Ekonomi Kerakyatan Berbasis Potensi Lokal Daerah Kabupaten Rokan Hilir (Potensi Pertanian, Perikanan dan Ekonomi Kreatif) yang Terencana dan Berkelanjutan. Mewujudkan Penyelenggaraan Tata Kelola Pemerintahan Daerah yang Baik, Efektif dan Efesien berbasis Teknologi.



​“Kita menyadari, bahwa pelaksanaan Desentrilisasi yang seyogyanya memberikan peluang lebih bagi Daerah, dalam melakukan peran dan fungsi otonomi untuk menggerakkan akselerasi pembangunan Daerah, baik dari aspek strategi kebijakan maupun aspek finansial belum sepenuhnya berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Apalagi kondisi Keuangan Daerah Kabupaten Rokan Hilir pada beberapa tahun belakangan ini mengalami penurunan yang cukup drastis dan sangat memprihatinkan,” cetusnya.

Adapun asumsi APBD Kabupaten Rokan Hilir pada Tahun 2022 yang akan datang, hanya berada pada kisaran Rp.1,1 Triliun saja. Dengan kondisi keuangan Daerah tersebut diatas, kita hendaknya tidaklah bersikap pesimis dengan visi pembangunan Kabupaten Rokan Hilir tersebut.

“Akan tetapi haruslah senantiasa kita bersikap optimis, dengan membangun kekompakan semua komponen masyarakat Kabupaten Rokan Hilir, bersatu padu serta mau bekerja keras sesuai dengan bidang dan profesi masing-masing. Maka dengan itu pula, saya yakin Misi Pembangunan Kabupaten Rokan Hilir akan mampu kita wujudkan bersama, “ kata Afrizal Sintong mengakhiri. (BangDodi)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar