DPRD Rohil Gelar Rapat Paripurna Istimewa dalam Rangka Hari Jadi Kabupaten Rohil ke -23 Tahun 2022

Ketua DPRD Rohil, Maston memimpin Rapat Paripurna Istimewa Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Kabupaten Rokan Hilir yang Ke 23, Selasa (4/10/2022).

BAGANSIAPIAPI/86 - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggelar Rapat Paripurna Istimewa Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Kabupaten Rokan Hilir yang Ke 23, Selasa (4/10/2022).

Rapat Paripurna Istimewa DPRD Rokan Hilir yang digelar di aula sidang Gedung Dewan Jalan Lintas Pesisir Batu enam Bagansiapiapi tersebut dihadiri sekitar 370 orang tamu undangan dan dimulai pada pukul 11:33 WIB.

Rapat yang dipimpin langsung Ketua DPRD Rohil, Maston dan didampingi Wakil Ketua 1 Abdullah, Wakil II Basiran Nur Efendi, Wakil III Hamzah serta Asisten II Provinsi Riau, H.M.Job Kurniawan, Bupati Rohil Afrizal Sintong, SIP dan Wabup Sulaiman, SS MH tersebut dihadiri sekitar 370 orang undangan.

Turut hadir Asisten Intel Kajati Riau, Raharjo Budi Kisnanto, SH, MH, Perwakilan Kepala Daerah dan wakill kepala daerah Kabupaten/Kota Se- Propinsi Riau, Forkompinda Rohil, Anggota DPRD Rohil, Ketua PKK Rohil, Ketua Persit Rohil, Tokoh Pendiri Kabupaten Rohil, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta undangan lainnya.

Ketua DPRD Rohil, Maston dalam sambutannya mengajak kepada semua masyarakat Rokan Hilir untuk bersama sama membangun Rokan Hilir. ”

“Tersebab Azam telah kita pancangkan, maka kita akan terus berupaya untuk membangun negeri ini sembari terus berbenah untuk menghadapai tantangan pembangunan kedepan,” kata Maston.

Lanjutnya ” kabupaten Rokan hilir adalah negeri yang terus berbenah dan bergerak maju. Oleh karena itu, hari jadi Kabupaten Rokan Hilir semestinya bukan hanya semata mata sekedar peristiwa mengenang dan berbagi cerita atau sekedar acara seremonial dan bergembira belaka”.

” Tapi lebih dari itu, peristiwa ini hendaklah dijadikan momentum strategis untuk melakukan kilas balik derap pembangunan yang telah dilakukan,” terang Maston.

Pada kesempatan itu, Politisi Partai PDIP ini menyampaikan sekilas tentang perjuangan pembentukan Rohil. Yang tak terlepas dari peran tokoh Husin Rambah yang membentuk kepanitiaan awal bernama ” Daerah Swatantra Tingkat II Bagansiapiapi ” , yang merupakan sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis yang terdiri dari Kecamatan Kubu, Kecamatan Bangko dan Kecamatan Tanah Putih telah dimulai sejak Tahun 1963.

Selanjutnya dibentuk komite perjuangan diketuai Amran Rambah dan Wakil Ketua H Marzuki AR.

“Seterusnya pada 11 Mei 1999, dibentuk pokja pembentukan daerah Tingkat II Rohil dengan susunan sebagai ketua H Ahmadsyah Harrofie. Pada 12 Mei 1999 dibentuk penghubung komite perjuangan Rohil di Bengkalis yang diketuai oleh Ilyas RB serta diadakannya Mubes pembentukan Kabupaten Rokan Hilir di Bagansiapiapi yang di Ketua Azhar Achmad, SE”.


“Sehingga perjuangan terus dilanjutkan oleh Tokoh tokoh perjuangan lainnya seperti Gubernur Riau, Saleh Yasid, prof Tabrani Rab dan Menteri Sarwan Hamid untuk memperjuangkan terbentuknya Kabupaten Rokan Hilir di DPR RI. Alhamdulillah pada 4 Oktober 1999 perjuangan tersebut membuahkan hasil sehingga Rokan Hilir dapat berdiri sendiri menjadi daerah Kabupaten Defenitif,” terang Maston.

Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong dalam pidatonya pada rapat Paripurna DPRD memperingati hari jadi Kabupaten Rokan Hilir yang Ke 23 menyampaikan Ucapan selamat hari jadi dan selamat datang kepada semua undangan yang hadir pada rapat Paripurna tersebut.

Aftizal Sintong mengatakan bahwa sebagai bangsa yang bermartabat serta masyarakat yang berbudaya, memperingati lahirnya suatu peristiwa haruslah dilihat dan dikaji dengan cermat dari berbagai aspek, karena dalam proses dan perjalanan peristiwa itu banyak terkandung pesan dan mempunyai makna nilai-nilai moral yang patut dipahami sekaligus menjadi pelajaran pengalaman bagi kita.

“Khususnya bagi generasi muda sebagai penerus pejuang bangsa dan pembangunan Rokan Hilir yang ke depan yang perlu diingat dan dicermati kembali bahwa hakikat dari semangat perjuangan dalam pembentukan Kabupaten Roka Hilir memerlukan berbagai pengorbanan sesungguhnya tidaklah hanya bertujuan memisahkan diri dari struktur pemerintahan kabupaten Bengkalis,” kata Afrizal Sintong.

Lanjutnya, Namun, terbentuknya struktur pemerintahan baru yang saat ini bernama Kabupaten Rokan Hilir tentunya hendaklah dapat kita pastikan selain memperpendek rentang kembali terciptanya optimalisasi akses pelayanan pemerintah dan lebih mempercepat pelaksanaan pembangunan dalam mensejahterakan masyarakat haruslah menjadi perhatian kita bersama saat ini bisa kita dari para pelaku pelaku perjuangan Kabupaten Rokan Hilir masih banyak yang belum tercapai,” terangnya

Sedangkan diantara dari mereka mereka banyak yang telah mendahului kita, maka oleh karena itu sepantasnya kepada kita semua menyampaikan penghargaan sembari memanjatkan doa, semoga Allah Subhanahu wa ta’ala memberkahi perjuangan mereka dan memberikan balasan yang setimpal atas perjuangan tersebut.

Dalam Pembangunan Rokan Hilir kita hendaknya menjadikan nilai-nilai semangat dari suatu perjuangan sebagai motivasi dan orientasi kita ke dalam melaksanakan pembangunan.

Nilai dan semangat dimaksud adalah terbangunnya nilai kebersamaan maupun bekerja keras, rela berkorban untuk kepentingan yang lebih besar serta keikhlasan untuk berbuat yang terbaik.

Baca Juga: Waduh, Buruh Cewek Ini Sudah Dua Kali Cabuli Gadis Yang Masih Remaja
Sejalan dengan nilai dan semangat tersebut di atas maka tema yang kita usung pada peringatan hari jadi Kabupaten Rokan Hilir tahun ini adalah melalui peringatan hari jadi Kabupaten Rokan Hilir ke-23 Tahun 2022 kita wujudkan Kabupaten Rokan Hilir yang AMAN yaitu amanah, makmur dan nyaman.

“Dengan tema ini diharapkan dapat mengunggah kita untuk dapat melahirkan jiwa dan semangat baru dalam melaksanakan pembangunan, terwujudnya daerah dan masyarakat Kabupaten Rokan Hilir yang maju, religius dan berbudaya berbasis infrastruktur dan perekonomian yang handal,” harap Bupati.

Hari Jadi Kabupaten Rokan Hilir yang kita peringati pada tanggal 4 Oktober setiap tahunnya adalah merupakan suatu momentum penting yang memiliki nilai historis terutama bagi segenap lapisan masyarakat Kabupaten Rokan Hilir yang tinggal di perkotaan maupun di pedesaan untuk mengingat kembali Dharma bakti dan jasa-jasa para pejuang dan pendiri Kabupaten Rokan Hilir sekaligus sebagai ungkapan rasa syukur yang mendalam kepada Allah subhanahu wa ta’ala hingga terbentuknya Kabupaten Rokan Hilir pada tanggal 4 Oktober 1999.

Melalui peringatan hari ulang tahun Kabupaten Rokan Hilir ini, dapat kita jadikan sebagai kilas balik melihat potret Kabupaten Rokan Hilir di masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang merupakan bagian dari jati diri anak negeri dan eksistensi di daerah ini sehingga mampu berperan sebagai peningkat integritas masyarakat agar tetap terpelihara dalam persatuan dan kesatuan yang kokoh.

Sementara itu, Asisten II Setdaprov HM Job Kurniawan, menyampaikan ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut serta dalam menciptakan suasana yang kondusif di negeri seribu kubah itu.

“Pada momen hari jadi Kabupaten Rokan Hilir yang ke 23 ini kita wajib bersyukur, karena sampai saat ini negeri seribu kubah ini masih dalam kondisi yang kondusif,” kata Job.

“Kepada pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, kami yakin mampu mengemban amanah yang diberikan oleh para pendahulu dan para pendiri Kabupaten Rohil,” kata mantan Setdakab Rohil mengakhiri. (BangDodi)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar