Dinkes Rohil Sosialisasi Program JKN-KIS

“Tiga RS di Rohil Siap Layani Pemegang Kartu JKN-KIS”

Kabid Yankes, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial kabupaten Rokan Hilir Haryono SKM memberikan sambutan kegiatan sosialisasi dan publikasi Kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) - Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Kecamatan Bagan Sinembah
Loading...

BAGANBATU/86 - Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial kabupaten Rokan Hilir melaksanakan kegiatan sosialisasi dan publikasi Kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) - Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Kegiatan yang dipusatkan di gedung kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) kecamatan Bagan Sinembah, Selasa (27/11) diikuti oleh perwakilan warga dari enam kecamatan, yakni kecamatan Bagan Sinembah, Bagan Sinembah Raya (Basira), Simpang Kanan, Balai Jaya, Kubu dan Kubu Babusalam (Kuba).

Selain itu juga dihadiri oleh perwakilan camat dan kepala Puskesmas, datuk penghulu dari ketujuh kecamatan tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Rokan Hilir, Ners Hj Dahniar SKep MKes yang diwakili oleh Kabid Yankes, Haryono SKM dalam sambutannya mengatakan, bahwa sehat itu sangatlah penting dalam kehidupan dan yang paling penting lagi adalah bagaimana menyingkapi sehat itu sebelum sakit. 

"Berdasarkan Permensos No 5 tahun 2016, ada 14 kriteria yang boleh menerima bantuan. Itulah sebabnya jika bapak-Ibu datang ke Dinas Kesehatan untuk mengurus dana bantuan (dana Pendamping) harus ada rekomendasi dari Dinas Sosial terlebih dahulu, karena data yang memiliki adalah Dinas Sosial, " katanya. 

Dan bagi masyarakat yang mampu, lanjutnya lagi mendapat kartu JKN dari pemerintah yang perawatannya hanya ditanggung untuk Kelas III  dapat mengajukan keluar dengan melapor ke Dinas Kesehatan dan nanti bisa masuk JKN mandiri yang sesuai dengan keinginan masyarakat tersebut untuk kelas I atau kelas II. 

"Jadi nanti orang-orang yang bernar-benar membutuhkan (orang tidak mampu) yang tidak dapat kartu JKN dari Pemerintah, melalui Rekon nantinya dapat dimasukkan ke JKN dari pemerintah tersebut,”kata Haryono. 

Dalam kesempatan itu dirinya juga meminta kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan dengan serius dan seksama.  " Dengan adanya sosialisasi ini kami harapkan kepada bapak-ibu yang hadir saat ini agar dapat menyampaikan informasi tentang Sosialisasi JKN-KIS ini kepada masyarakat lainnya, "ujar Haryono kembali. 

Dirinya juga menjelaskan tentang mengapa diperlukan JKN, Prinsip kegotong royongan JKN, landasan hukum, jenis kepesertaan, pentahapan kepesertaan, hak dan kewajiban peserta BPJS Kesehatan, keterlambatan iuran, alur pelayanan kesehatan, penjaminan persalinan, fasilitas yang dibantu, pelayanan kesehatan yang tidak dijamin, koordinasi manfaat, ketentuan pemilihan Fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP). 

"Dan khusus untuk kabupaten Rokan Hilir ada tiga Rumah Sakit yang siap menerima dan melayani masyarakat pemegang kartu JKN-KIS ini,  yakni Rumah Sakit Indah Bagan Batu, RSUD dr Pratomo dan Rumah Sakit Cahaya Ujung Tanjung, " tegas Haryono.  (MasMin)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar