Bawaslu Rohil Gandeng Polisi dan Jaksa Ajak Pemilih Ikut Awasi Pilkada Serentak

BAGANSIAPIAPI/86 - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melakukan kegiatan Sosialisasi Pengawasan dan Pendidikan Pemilih dalam Pemilihan Serentak Tahun 2024 di Aula Kepenghuluan Suak Temenggung Kecamatan Pekaitan, pagi Rabu, 18 September 2024.

Anggota Bawaslu Rohil Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (P2H) Jaka Abdillah menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan agenda yang akan dilaksanakan di 18 Kecamatan se Kabupaten Rokan Hilir dilakukan secara bertahap untuk sekarang ini gelombang pertama ada 8 kecamatan selanjutnya 10 kecamatan lagi akan dilaksanakan di gelombang kedua, ujarnya kepada sejumlah awak media di Warung Canai Abang Jago Jalur Dua Bantaian.

"Inti dari kegiatan ini adalah untuk menggugah kepedulian masyarakat khususnya di Kabupaten Rokan Hilir agar ikut bersama-sama mengawasi tahapan pemilihan serentak. Dengan adanya kepedulian masyarakat untuk bersama mengawasi pemilihan serentak ini maka segala kecurangan dan intrik-intrik politik lokal ini dapat dihindari," ujarnya.

Maraknya perilaku politik uang juga menjadi salah satu fokus dari kegiatan ini. Agar nantinya berangsur-angsur bisa hilang.

Peserta dari kegiatan tersebut, selain para pemilih pemula, juga ikut terkadang tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda. Semoga dapat diharapkan akan menjadi pelopor di lingkungannya masing-masing.

Sosialisasi Perdana Pengawasan dan Pendidikan Pemilih dalam Pemilihan Serentak Tahun 2024 di Kecamatan Pekaitan dengan narasumber Jaka Abdillah (Bawaslu Rohil), Aipda Mirwan Ranius (Gakkumdu Polres Rohil) dan Judika A. K. Pangaribuan, SH (Gakkumdu Kejari Rohil). Sedangkan Sosialisasi Kedua Pengawasan dan Pendidikan Pemilih dalam Pemilihan Serentak Tahun 2024 dilaksanakan di Aula Pertemuan Balai Penyuluh Pertanian Bangko di Kecamatan Batu Hampar dengan narasumber Jaka Abdillah (Bawaslu Rohil), Brigpol Ayub Rino Zebua, SH (Gakkumdu Polres Rohil) dan Judika A. K. Pangaribuan, SH (Gakkumdu Kejari Rohil). (BangDodi/Rilis)


Baca Juga