Polling Media Massa Jokowi Menang Telak Atas Prabowo

Selasa, 19 Februari 2019

Celebestopnews.com - ilustrasi Jokowi-Ma'ruf Amin vs Prabowo-Sandiaga | foto : istimewa

JAKARTA/86 – Pasca debat capres kedua, Capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi ) disebut sukses mengungguli penantangnya Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto dalam debat capres kedua pada Minggu (17/2/2019) malam.

 

Sejumlah polling di media massa menunjukkan partisipasi masyarakat terhadap Jokowi yang tak dapat dibendung. Hampir di seluruh media massa menyebut Jokowi menang telak dibandingkan Prabowo.

 

Dari polling di media massa yang diambil sejak debat pilpres berlangsung hingga Senin (18/2/2019) malam, menunjukkan angka pemilih Jokowi memang mengungguli Prabowo.

 

Dalam polling Republika.co.id, Jokowi unggul dengan perolehan 52% sementara Prabowo memperoleh 48%.

Polling di Indonesia Lawyers Club (ILC), Jokowi unggul 59% dan Prabowo 41%. Sementara di Beritasatu pun terlihat Jokowi unggul 51 persen, Prabowo 45% tidak ada 2% , dan tidak tahu 1%. Selanjutnya, ada polling SeputarINews RCTI yang menunjukkan Jokowi meraih 82% dan Prabowo 18%. Di polling media Viva.co.id, MNC Trijaya 104,6 FM, Radio Elshinta, Okezone, Inews hingga Tempo.co juga menunjukkan bahwa suara didominasi jatuh kepada Jokowi dibandingkan Prabowo.

 

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf, Arya Sinulingga menanggapi soal kemenangan telak Jokowi terhadap Prabowo. Menurut Arya hal dibuktikan dengan tingginya angka pemilih Jokowi dalam sejumlah polling yang dilakukan oleh beberapa media massa usai debat capres berlangsung.

 

“Yang juga menarik untuk diamati adalah polling yang diselenggararkan oleh media-media mainstream. Dan masyarakat membuktikan kemenangan telak Jokowi lewat polling, karena hampir di semua polling itu Jokowi unggul telak,” kata Arya melalui siaran pers yang diterima, pada Selasa (19/2/2019).

 

Arya juga menyebutkan, dalam debat kedua, Jokowi banyak mengeluarkan data yang tidak akurat, namun sosok Jokowi justru keluar dengan jumlah polling tertinggi dibandingkan Prabowo. Ini terjadi lantaran warga melihat kemampuan Jokowi menguasai berbagai isu yang ada.

 

“Ini bukti partisipasi nyata masyarakat dengan ikut menentukan kemenangan lewat polling. Masyarakat sudah pintar menentukan pilihan. Polling berbagai media itu bisa juga menjadi referensi kita,” kata Arya.

 

Survei PoliticaWave juga mengumpulkan data secara realtime dari berbagai media sosial baik Facebook, Twitter, blog portal berita. Secara total, jutaan percakapan yang terjadi setiap hari direkam, dan dirangkum menjadi grafik-grafik visual yang mudah dipahami dan ditindaklanjuti.

 

Baca Juga  GK Pengusaha Deklarasi Dukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin

PoliticaWave juga merekam percakapan warganet saat debat kedua berlangsung. Hasilnya, Jokowi unggul di semua segmen.

 

“Jokowi unggul di semua segmen, baik dari jumlah percakapan maupun dari sentimen percakapan,” kata Nadia Salshabilla, Head of Analytics PoliticaWave, dalam siaran persnya, Senin (18/2/2019).

 

Dalam kategori ‘Trend of Awareness’, Jokowi-Ma’ruf juga lebih unggul dari Prabowo-Sandi. Kategori ini menampilkan jumlah Buzz pasangan calon selama seminggu terakhir, mulai dari 11-17 Ferbruari 2019.

 

Share of Awarness

Dalam ‘Share of Awareness’, Jokowi-Ma’ruf unggul 55,7% (1.286.533). Sedangkan Prabowo-Sandi memperoleh 44,3% (1.023.087).

 

Share of Citizen

Dalam kategori ‘Share of Citizen’, Jokowi-Ma’ruf unggul dengan perolehan 59,1% (198.403). Sementara Prabowo-Sandi mendapat 40,9% (137.423).

 

Dengan adanya bukti polling di media massa ini akan dijadikan sebagai referensi bagi TKN Jokowi-Maruf kedepan. Arya menilai masyarakat telah pandai dalam menentukan pilihan politiknya.[celebestopnews.com]