BKMT Riau Gelar Halal Bi Halal Sekaligus Pelepasan Calon Jemaah Haji

Rabu, 24 Mei 2023

Foto bersama Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Provinsi Riau mengadakan Halal bi Halal di Aula Mesjid Raya Annur, Jalan Hangtuah, Pekanbaru, Selasa, 23 Mei 2023 bertepatan dengan 3 Dzulqa'da 1444 Hijriah

PEKANBARU/86 - Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Provinsi Riau mengadakan Halal bi Halal di Aula Mesjid Raya Annur, Jalan Hangtuah, Pekanbaru, Selasa, 23 Mei 2023 bertepatan dengan 3 Dzulqa'da 1444 Hijriah. Acara yang dihadiri para Pengurus Wilayah BKMT Provinsi Riau, utusan-utusan Pengurus Cabang dan Permata (Persatuan Majelis Taklim), juga mengundang Ustad kondang Zacky Mirza dari Jakarta beserta timnya.

Selain itu hadir juga tim Syiar dari Travel Umroh, Bimalyndo Hajar Aswad yang pada kesempatan itu mengisi acara dengan sosialisasi dari travel umroh mereka. Hal ini bertepatan dengan akan diadakannya Umroh Bersama BKMT Provinsi Riau yang direncanakan bisa terlaksana menjelang akhir tahun ini.

Selain Halal bi Halal, sekaligus diadakan acara khusus Tepung Tawar sebagai pelepasan calon jemaah haji yang dijadwalkan akan berangkat ke Tanah Suci pada tanggal 28 Mei 2023 mendatang.

Sepuluh orang calon jemaah haji dari berbagai kepengurusan di BKMT Riau tersebut adalah :
1. Siti Rohani
2. Ismaneli 
3.Taty Badrun  
4. Supainah T
5. Ummi Andika
6. Hajmi Har 
7. Teti Fatmalianti
8. Ermiaty
9. Ena Ghazali 
10.Rosita

Dr. Hj. Daharmi Astuti,  Lc. M. Ag, Ketua II PW BKMT Provinsi Riau yang membawahi Bidang Dakwah, selaku penanggungjawab acara tersebut dalam sambutannya menyampaikan salam dan permohonan maaf dari ketua BKMT Riau, Dra. Hj. Septina Primawati, MM yang tidak bisa hadir pada kesempatan itu karena tugas legislatif yang tengah beliau kerjakan. Daharmi menjelaskan banyak program yang akan dan telah dikerjakan oleh BKMT Riau, diantaranya akan  diadakannya Lomba Pidacil (Pemilihan Dai Cilik), Safari Dakwah, akan melaksanakan Umroh Bersama. 


Untuk program-program yang sudah dikerjakan diantaranya menjajaki kerjasama dengan MUI Provinsi Riau, kerjasama dengan BAZNAS Provinsi Riau, dan yang terakhir ini telah melahirkan program baru di BKMT Riau dengan terbentuknya UPZ (Unit Pengumpul Zakat) BKMT Riau. UPZ ini diharapkan kedepan menjadi solusi dari permasalahan yang kerap dihadapi oleh BKMT Riau salah satunya dalam mengelola dan membina beberapa sekolah bentukan BKMT Riau yang semuanya berbasis masyarakat miskin.

Daharmi Astuti menegaskan bahwa kegiatan-kegiatan BKMT tidak hanya seputar pengajian-pengajian saja namun mencakup banyak hal dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya tadi adalah BKMT Provinsi Riau juga memiliki sekolah-sekolah yang diperuntukan bagi masyarakat kurang mampu, mengelola dan membiayai lembaga pendidikan tersebut.

Ustad Zacky Mirza dalam ceramahnya juga menyampaikan hal senada bahwa mereka bersama tim terus konsen selama tiga tahun ini berkeliling Indonesia untuk menyampaikan dakwah sekaligus mengumpulkan sedekah kaum muslimin bagi pembangunan dan pembiayaan pondok-pondok pesantren khusus anak yatim piatu.

Dalam kesempatan ini Ustad Zacky juga mengumpulkan sumbangan dari ibu-ibu BKMT yang diperuntukkan bagi pondok pesantren gratis khusus yatim piatu yang berada di Rimbo Panjang, Riau.

Berkaitan dengan umroh dan haji, Ustad Zacky Mirza mengatakan bahwa sungguh beruntung bagi orang-orang yang sudah dipanggil untuk ke Tanah Suci karena begitu besar fadhilah umroh dan haji tersebut. Karena itu dianjurkan bagi yang ingin berumroh maupun haji, mulailah membenahi sholat, perbanyak sedekah. Pandainya seseorang berterimakasih kepada Allah yang telah memberi rezeki adalah dengan dibagi-bagi lagi dalam bentuk sedekah, zakat, infak, dan sebagainya. (KakCencen/HmsBKMTRiau)