Bikin Heboh, Ular Piton 6 Meter Ditangkap di Kebon Pisang

Istimewa

PELAIHARI/86 --- Seekor ular sanca jenis piton reticulatus membuat geger warga Desa Pagatan Besar, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Ular sepanjang 6 meter itu masuk dalam perangkap monyet yang sengaja dipasang warga di kebunnya. Saat ini, ular tersebut masih menjadi tontonan warga yang melintas di kawasan RT 3 Desa Pagatan Besar. Python tersebut masih mencerna tiga ekor monyet yang dimangsanya saat berada dalam perangkap.

Pemilik kebun, Haji Darmawan mengatakan, ular besar itu diketahuinya masuk perangkap monyet saat ia memeriksa apakah ada monyet yang terjebak.

“Saat saya tiba di lokasi perangkap saya dikagetkan dengan adanya ular besar di dalam perangkap dan beberapa ekor monyet yang terperangkap,” kata Darmawan saat ditemui di kediamannya.

Melihat ada ular berukuran besar, ia takut dan membiarkan ular dan monyet yang terperangkap, dan ia kembali mendatangi lokasi perangkapnya, kali ini ia datang dengan beberapa warga, termasuk salah seorang warga yang mahir menangkap ular.

“Dengan bantuan tetangga sekitar dan seorang yang mahir menangkap ular, kami mengeluarkan ular dari dalam perangkap,” beber Darmawan.

Saat dikeluaran di dalam perangkap, ada tujuh ekor monyet, tiga dalam kondisi mati dan empat masih hidup, salah satu monyet mengalami luka di kepalanya, sedangkan ular badanya penuh luka, diduga akibat perlawanan monyet yang ingin dimangsanya.

Darmawan mengatakan, ia sengaja memasang jebak atau jipah untuk menangkap monyet yang sering merusak kebunnya, menurut Darmawan kebun pisangnya habis dirobohkan monyet yang ratusan jumlahnya.

Sementara itu, Syahdian tetangga Darmawan yang membantu memindahkan ular python dari jebakan monyet mengaku dirinya sudah sering menangkap ular jenis python di kawasan Desa Pagatan Besar, tiga diantaranya berukuran besar.

“Banyak ular python di sekitar sini, kalau yang kecil-kecil ukuran dua meter sampai tiga meter sering muncul di dekat permukiman,” kata Syahdian.

Sampai hari ini, ular python yang terperangkap di jebakan monyet itu masih menjadi tontonan warga RT 3 Desa Pagatan Besar dan warga yang lalu lalang di kawasan itu. Darmawan belum tahu pasti memiliki rencana untuk apa ular besar tersebut. (okezone)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar