Tingkatkan Layanan Perhubungan

Pemko Pekanbaru Tambah Rute Bus TMP

Loading...

PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru melakukan ekspose pengoperasian bus besar Trans Metro Pekanbaru, bantuan Kementerian Perhubungan tahun 2008 dan tahun 2015 di Kediaman Wali Kota Pekanbaru, Jalan Ahmad Yani Pekanbaru, Kamis (21/4).

Adapun agenda rapat yang dipimpin langsung Wali Kota Pekanbaru, Dr H Firdaus ST MT, yakni membahas mengenai penambahan rute baru yang nantinya dilalui bus TMP tersebut.

Dalam paparannya, Wali Kota  mengatakan kalau selain membahas masalah tersebut, pertemuan yang digelar bersama Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kota Pekanbaru, dan Perusahaan Daerah Pembangunan, sekaligus mengevaluasi pelayanan angkutan massal di Kota Pekanbaru tersebut.

"Rapat ini juga sekaligus mengevaluasi rencana pengembangan armada maupun pengembangan pelayanan, khusus di perumahan dan dalam perumahan ke jalur ke protokol," ungkap Firdaus.

Saat ini, sebut Firdaus, bus TMP telah melayani sembilan rute. Ke depan Pemko Pekanbaru bersama Pemerintah Provinsi Riau dan kabupaten lain khususnya Kabupaten Kampar, akan dikembangkan kawasan aglomerasi.

"Kita juga akan mengembangkan pelayanan kawasan dengan aglomerasi. Untuk tiga titik di Kampar, rencananya dari Pandau melalui ruas jalan Kubang Raya terus ke Garuda Sakti dan berhenti di terminal," terang Firdaus.

Kemudian, Pemko Pekanbaru juga merencanakan rute dari Simpang Panam sampai ke Danau Bingkuang, kemudian dari Garuda Sakti bisa sampai ke Petapahan yang masuk ke wilayah Kampar

"Yang kedua dari jalan Yos Sudarso ke Minas untuk Kabupaten Siak. Kemudian rencana dari Lintas Timur dari Pasir Putih ke Sei Kijang. Itu alternatif yang kita rencanakan nanti," lanjutnya.

Maka dari itu, Pemko Pekanbaru nantinya akan berupaya meningkatkan pelayanan untuk penambahan rute dengan cara melakukan penambahan armada bus Trans Metro Pekanbaru.

Sementara itu, Kepala Bidang Angkutan Dishubkominfo Kota Pekanbaru, Sunarko, mengatakan kalau Pemko Pekanbaru memang merencanakan untuk membuka rute baru yang saaat ini belum terlayani angkutan bus TMP, terlebih lagi di kawasan perumahan yang baru dibangun. Kawasan-kawasan itu terdiri dari Kecamatan Tenayan Raya atau Kecamatan Tampan yang belum tersentuh sama sekali layanan angkutan bus TMP.


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar